Yogyakarta Mulai Tutup Akses Pemudik

Minggu, 26 April 2020 - 22:54 WIB
loading...
Yogyakarta Mulai Tutup Akses Pemudik
FOTO/SINDOnews/Ilustrasi
A A A
YOGYAKARTA - Dinas Perhubungan DIY akhirnya memutuskan menutup akses bagi para pemudik yang ingin memasuki Kota Yogyakarta. Para pemudik yang mencoba memasuki kota pun langsung diminta memutar balik.

Langkah ini dilakukan setelah Gubernur DIY memberikan instruksi kepada Dishub terkait upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Kepala Dinas Perhubungan DIY Tavip Agus Rayanto mengatakan, keputusan untuk meminta pemudik putar balik memang dilakukan mulai Minggu (26/4/2020). "Kalau jalan tidak kita tutup, kita periksa dan bagi pemudik saja diminta putar balik atau tidak bisa masuk DIY," terangnya kepada wartawan, Minggu (26/4/2020). (Baca juga: Aksi Viral Bupati Marah dan Protes ke Menteri karena BLT Dipersulit Ini Penjelasannya)

Sebelumnya memang pihaknya tidak melakukan upaya menghalau pemudik lantaran tidak masuk dalam pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Namun demikian, melihat jalur transportasi semua ditutup, maka jalur darat juga perlu diketati. "Jadi, ya tertutup bagi pemudik. Kalau yang penglajon masih bisa," paparnya.

Saat ini ada tiga titik pemeriksaan yakni di Temon Kulonprogo, Tempel Sleman, serta Prambanan Sleman. Sedangkan jalur-jalur alternatif juga sudah dialihkan menuju tiga jalur utama tersebut. "Jadi, akses memang dibatasi semua tertumpu tiga jalur utama itu," ujarnya.
(nbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2185 seconds (0.1#10.140)