1 Jamaah Haji Kota Madiun Positif COVID-19, 90 Orang Wajib Isolasi Mandiri

Kamis, 21 Juli 2022 - 17:46 WIB
loading...
1 Jamaah Haji Kota Madiun Positif COVID-19, 90 Orang Wajib Isolasi Mandiri
Satu jamaah haji asal Kota Madiun, yang baru pulang dari tanah suci Mekkah, dinyatakan positif COVID-19. Foto/iNews TV/Arif Wahyu Efendi
A A A
MADIUN - Sebanyak 90 jamaah haji kloter 7 asal Kota Madiun, telah kembali dari tanah suci Mekkah, usai menunaikan ibadah haji. Dari jumlah tersebut, satu jamaah haji dinyatakan positif COVID-19, dan satu hasil tesnya reaktif.



Mengantisipasi terjadinya penularan COVID-19, sebanyak 90 jamaah haji tersebut kini wajib untuk isolasi mandiri dan dilarang menerima tamu. Para jamaah haji asal Kota Madiun ini, diangkut menggunakan tiga bus dan tiba di Asrama Haji Kota Madiun, pada Rabu (20/7/2022) tengah malam.



Kasus penularan COVID-19 yang dialami satu jamaah haji asal Kota Madiun ini, diketahui dari hasil tes antigen saat tiba di tanah air. Dari tes antigen tersebut, dua jamaah haji dinyatakan reaktif sehingga langsung menjalani tes PCR.



Hasilnya satu jamaah haji dinyatakan positif COVID-19, dengan gejala demam tinggi disertai batuk. Sementara satu jamah haji yang hasil tes antigennya reaktif, telah dipastikan negatif COVID-19 dari hasil tes PCR.

Kedua jamaah haji tersebut langsung dijemput menggunakan mobil ambulans untuk dibawa ke RSUD Sogaten Kota Madiun, guna mendapatkan penanganan medis. Wakil Wali Kota Madiun, Indaraya Ayu Miko Spautri mengatakan, dengan adanya jamaah haji yang positif COVID-19, maka jamah haji yang lain diwajibkan isolasi mandiri.



"Para jamah haji diwajibkan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing selama dua pekan ke depan. Para jamaah haji juga dilarang untuk menerima tamu, maupun menggelar hajatan hingga kondisi kesehatan mereka dinyatakan sehat," tegas Indaraya.

Sesuai rencana, besok Jumat (22/7/2022) para jamaah haji ini diwajibkan untuk melakukan tes PCR di RSUD Sogaten Kota Madiun. Jika dinyatakan sehat, maka mereka diperbolehkan untuk berkumpul dengan keluarganya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2162 seconds (0.1#10.140)