Kisah Nyi Blorong, Cucu Raja yang Diangkat Jadi Panglima Perang oleh Roro Kidul

Selasa, 19 Juli 2022 - 05:04 WIB
loading...
Kisah Nyi Blorong, Cucu Raja yang Diangkat Jadi Panglima Perang oleh Roro Kidul
Lukisan Jawa menggambarkan sosok Nyi Blorong. Foto Wikipedia
A A A
JAKARTA - Amuk gelombang samudera di pesisir selatan Pulau Jawa menyimpan aneka kisah mistis. Pantai selatan Pulau Jawa yang garang gelombangnya itu, dalam mitologi ternyata sebuah imperium atau kerajaan makhluk gaib.

Ratunya yang terkenal adalah Nyi Roro Kidul. Cerita mistis Nyi Roro Kidul mendominasi kisah-kisah mistis di kalangan masyarakat. Bahkan tidak hanya mendominasi kisah mistis lain, Nyi Roro Kidul juga menghasilkan kisah mistis lain. Baca juga: Merpati Kura-Kura yang Disakralkan dalam Mitologi Kuno, Populasinya di Ambang Kepunahan



Misalnya kisah mistis tentang Nyi Blorong. Banyak versi kisah mistis Nyi Blorong, tapi semuanya tetap berpusat pada Nyi Roro Kidul. Ada versi yang menyebutkan bahwa Nyi Blorong adalah manifestasi atau perwujudan dari Nyi Roro Kidul itu sendiri.

Juga ada kisah berkembang bahwa Nyi Blorong adalah anak dari Nyi Roro Kidul yang diberi tugas merekrut manusia untuk dijadikan budak dan prajurit Kerajaan Laut Selatan.

Kisah lain menyebutkan bahwa Nyi Blorong berasal dari manusia. Nyi Blorong memiliki nama asli Nyimas Dewi Anggatri. Dia merupakan putri sulung Nyimas Dewi Rangkita, cucu dari Raja Caringin Kurung XI, Prabu Jaya Cakra.

Terlahir sebagai keturunan raja dan tinggal di keraton yang serba lebih dari kecukupan, Nyimas Dewi Anggatri tumbuh menjadi gadis cantik yang angkuh. Tidak hanya angkuh, dia juga jahat. Karena sifatnya yang buruk itulah, dia diusir dari keraton.

Nyimas kemudian memutuskan untuk mengasingkan diri di hutan. Namun, dalam pengembaraannya di hutan, Nyimas tersesat. Menurut cerita mitologis, cucu raja ini terjebak masuk ke salah satu gerbang gaib. Dia pun ditangkap oleh pasukan makhluk gaib dan dibawa ke pimpinan kerajaan yaitu Nyi Roro Kidul.

Oleh Nyi Roro Kidul, gadis cantik itu diminta untuk menceritakan kronologis samapi dirinya masuk pintu gaib. Merasa iba dengan apa yang diceritakan, Ratu Laut Selatan itu menerimanya. Tidak hanya itu, Nyi Roro Kidul juga mengganti namanya menjadi Nyi Blorong dan dibeberikan kesaktian untuk berubah rupa jadi ular. Baca juga: Cerita Nyi Roro Kidul, Mitos Pantai Selatan dan Larangan Baju Hijau

Mula-mula Nyi Blorong biasa-biasa saja seperti makhluk-makhluk gaib yang ada di kerajaan itu. Namun, menurut pengakuan mahkluk gaib lain dan menurut penilaian Ratu Nyi Roro Kidul, Nyi Blorong mempunyai bakat dalam memimpin pasukan perang. Karena itu Nyi Roro Kidul pun mengangkatnya untuk memimpin tentara kerajaan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2089 seconds (11.97#12.26)