Tipu Wisatawan Australia, Money Changer di Kuta Bali Ditutup

Jum'at, 15 Juli 2022 - 22:27 WIB
loading...
Tipu Wisatawan Australia, Money Changer di Kuta Bali Ditutup
Money changer yang menipu wisatawan Australia saat berlibur di Kuta, Bali ditutup Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Legian dan tidak boleh lagi beroperasi. Foto/SINDOnews/Miftahul Chusna
A A A
KUTA - Money changer yang menipu wisatawan Australia saat berlibur di Kuta, Bali ditutup Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Legian, Badung. Tempat penukaran uang itu tidak boleh lagi beroperasi.

"Sudah ditutup dan listriknya sudah kita cabut," kata Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Legian Kuta I Wayan Puspa Negara, Jumat (15/7/2022).



Dia menjelaskan, pengelola money changer telah dipanggil dan diperiksa. Hasilnya jasa penukaran uang itu tidak punya izin alias ilegal.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, diputuskan money changer itu di-blacklist alias tidak boleh lagi beroperasi.

Sedangkan untuk kasus penipuan telah diselesaikan secara damai. "Pihak money changer telah mengembalikan uang wisatawan yang bersangkutan," ujar Puspa Negara.

Atas kejadian itu, dia meminta Satpol PP, polisi, dan BI serta Asosiasi Pedagang Valuta Asing segera menertibkan money changer yang tidak berizin di Kuta.



Hal ini untuk menjaga citra pariwisata Bali yang mulai pulih akibat pandemi.



Diberitakan sebelumnya, pasangan suami istri asal Australia kena tipu saat menukar uang dolar di money changer di Jalan Padma Utara, Kuta, Selasa (12/7/2022).

Wisatawan negeri Kanguru itu menukarkan uang dolar total USD 800. Money changer itu dipilih karena memasang kurs tinggi.

Setibanya di hotel, uang yang ditukarkan dihitung. Mereka baru sadar uang yang diterima tidak sesuai dengan kurs dengan nilai kekurangan total Rp2,2 juta.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2522 seconds (0.1#10.140)