Program Kesehatan Gigi dan Mulut Sasar Sekolah di Lutra

Rabu, 13 Juli 2022 - 19:13 WIB
loading...
Program Kesehatan Gigi dan Mulut Sasar Sekolah di Lutra
Program Save The Children Indonesia bersama Yayasan Celosia Marannu didukung Mars Wrigley Foundation menggelar TOT Kesehatan Gigi dan Mulut di Aula Bappelitbangda Lutra, Rabu (13/7/2022). Foto/Dok Pemkab Luwu Utara
A A A
LUWU UTARA - Program Save The Children Indonesia bersama Yayasan Celosia Marannu didukung Mars Wrigley Foundation menggelar Training of Training (TOT) Kesehatan Gigi dan Mulut di Aula Bappelitbangda Luwu Utara (Lutra) , Rabu (13/7/2022). Adapun program tersebut ditargetkan menyasar sekolah-sekolah di Bumi Lamaranginang.

Panitia Program Manager Celosia, Tengku Rodhan, mengungkapkan kegiatan ini berlangsung selama tiga hari mendatang. Total ada 30 peserta yang berpartisipasi.



"Kita melakukan TOT ini dengan harapan Kabupaten Luwu Utara memiliki kader-kader yang sudah dilatih dengan program kesehatan gigi dan mulut ," ungkap dia.

Tengku juga berharap kegiatan ini bisa memberikan dampak yang signifikan untuk Lutra.

Sementara itu, Sekretaris Kabupaten Lutra, Armiadi, menjelaskan tahap awal, program ini akan dilakukan di 20 sekolah inti. Nah, sekolah inti ini merupakan contoh awal penerapan program kesehatan gigi dan mulut di sekolah.

"Kemudian program ini akan direplikasi di 25 sekolah. Namun, demikian Pemerintah Kabupaten Luwu Utara akan menerapkan program ini ke seluruh sekolah dasar di Kabupaten Luwu Utara," tuturnya.

Lanjut Armiadi, Pelatihan TOT ini dikembangkan sebagai referensi pilihan untuk tim pembina unit kesehatan sekolah, tenaga kesehatan dan fasilitator lainnya termasuk guru dalam menyampaikan topik kesehatan kepada siswa sekolah dasar.



"Kita berharap setelah pelatihan TOT ini para peserta memiliki pengetahuan yang lebih baik mengenai materi yang berkaitan dengan kesehatan gigi perilaku PHBS, gizi dan perlindungan anak," ujar dia.

"Kita juga berharap peserta TOT memiliki keterampilan sikap positif dan kemampuan untuk mengajak serta memotivasi siswa untuk mengadopsi kebiasaan yang lebih sehat," pungkas Armiadi.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2217 seconds (0.1#10.140)