Menhan Prabowo Tekankan Pentingnya Perguruan Tinggi Membantu Ketahanan Nasional

Minggu, 03 Juli 2022 - 22:04 WIB
loading...
Menhan Prabowo Tekankan Pentingnya Perguruan Tinggi Membantu Ketahanan Nasional
Menhan RI Prabowo Subianto usai membawakan Kuliah Umum di Kampus Brawijaya, Minggu (3/7/2022). Dalam kuliahnya Prabowo mekankan pentingnya Perguruan Tinggi membantu Ketahanan Nasional. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
MALANG - Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia Prabowo Subianto menekankan pentingnya kepemimpinan nasional yang unggul. Hal itu agar dapat membangun ketahanan nasional yang baik.

Menurut Prabowo, ketahanan nasional yang baik berawal dari salah satunya adalah aparatur SDM yang unggul dan berkualitas. "SDM unggul dimulai dari seleksinya yang benar. Jangan karena saudara, lalu diterima, atau memperjualbelikan gelar akademik," ujar Prabowo saat kuliah umum di Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya (UB), pada Minggu siang (3/7/2022).



Dalam membangun SDM berkualitas dan unggul, perguruan tinggi disebut Prabowo juga mempunyai peran penting dalam membentuk karakternya. Maka ketika dirinya dilantik menjadi menteri, lembaga pertama yang dikunjungi adalah Universitas Pertahanan.

Di sana, Prabowo meminta peningkatan kualitas manajemen pendidikan. Hal ini juga seiring komitmen Prabowo yang dikenal sebagai tokoh yang selalu memperjuangkan Indonesia adil dan makmur.



"Saya minta tidak hanya S2 dan S3, tapi Unhan juga buka program studi S1 untuk membangun aparatur yang unggul untuk bangsa," tuturnya.

Menurut Menhan, pertahanan nasional sangat penting. Tidak ada negara di dunia yang aman dari ancaman, termasuk Indonesia. "Baru-baru ini ancaman kita adalah corona, membuat dunia terhenti. Maka kita harus selalu siaga," ungkap dia.



Sementara itu, Rektor Prof Widodo, S.Si M.Si Ph.D Med.Sc mengatakan dengan inovasi-inovasi yang dimiliki saat ini diharapkan UB bisa berperan dalam pembangunan bangsa.

"Di FILKOM kita mengembangkan sistem pertahanan negara melalui sistem drone. Sementara di FMIPA sedang bersingergi dengan PT Pindad untuk menghasilkan material amunisi mandiri buatan dalam negeri,"katanya.

Prof. Widodo menambahkan, UB tidak bisa berjalan sendiri sehingga perlu kerjasama, sinergi, dan arahan dari semua pihak termasuk Kementerian Pertahanan.

Kuliah umum "Urgensi Ketahanan Nasional dalam Kepemimpinan Nasional" ini digelar dalam rangkaian Temu dan Rapat Kerja Nasional Forum Dekan Ilmu-ilmu Sosial PTN se-Indonesia (FORDEKIIS). Acara diikuti oleh 37 dekan dari seluruh Indonesia. Agenda tersebut diselenggarakan mulai Jumat-Senin, 1-4 Juli 2022 dan berpusat di FIA UB.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.4057 seconds (0.1#10.140)