Parpol KIB, 23 DPD PAN di Sulsel Tak Lirik Airlangga Jadi Capres

Jum'at, 01 Juli 2022 - 16:42 WIB
loading...
Parpol KIB, 23 DPD PAN di Sulsel Tak Lirik Airlangga Jadi Capres
Mayoritas DPD PAN di Sulsel tidak mengusulkan Airlangga Hartarto sebagai Capres 2024, meski PAN sejatinya masuk dalam KIB. Foto/Humas PAN Sulsel
A A A
MAKASSAR - Sebanyak 23 DPD PAN di Sulsel tak melirik Airlangga Hartarto sebagai Calon Presiden (Capres) 2024. Keputusan ini merupakan hasil rapat kerja daerah (Rakerda) yang digelar selama sepekan ini.

Padahal PAN termasuk parpol yang ada di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), yang didalamnya ada Golkar dan PPP. Dimana dari tiga ketua umum (Ketum) partai itu, hanya Airlangga Hartarto yang ngotot mau jadi Presiden 2024.

Baca Juga: Ashabul Kahfi Cetak Sejarah, Pimpin PAN Sulsel 4 Periode

Sebanyak 23 DPD PAN yang tak melirik Airlangga Capres 2024 yakni Makassar, Gowa, Takalar, Bantaeng, Bulukumba, Kepulauan Selayar dan Sinjai. Selanjutnya Maros, Pangkep, Barru, Soppeng, Parepare, Wajo, Bone, Pinrang, Sidrap, Enrekang, Tana Toraja, Toraja Utara, Luwu, Palopo, Luwu Utara dan Luwu Timur.

Tercatat hanya DPD PAN Jeneponto yang mengusulkan Airlangga sebagai Capres 2024. Itupun nama Airlangga tidak tunggal, tapi bersamaan dengan 8 nama lainnya.

Ketua DPD PAN Jeneponto, Asdin, mengatakan pihaknya memasukkan nama Airlangga karena pertimbangan satu koalisi dengan partainya. Ia menghormati langkah Airlangga yang paling getol mensosialisasikan diri sebagai Capres 2024.

"Nama Pak Airlangga kita masukkan karena pertimbangan KIB. Kalau Ketum PPP (Suharso Monoarfa) kita tak masukkan, karena memang kan beliau tidak terlihat mau maju," kata Asdin saat dihubungi pada Jumat (1/7/2022).

Tujuh nama lain yang diusulkan PAN Jeneponto sebagai Capres ialah Zulkifli Hasan, Erick Thohir, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, Andi Amran Sulaiman hingga Syahrul Yasin Limpo. Khusus nama Zulhas wajib dimasukkan karena merupakan Ketum DPP PAN.

Dibanding nama Airlangga , tiga nama yang mendominasi dukungan DPD PAN di Sulsel ialah Zulhas dan Anies sebanyak 24 daerah. Disusul Erick Thohir 23 daerah dan Ganjar Pranowo 17 daerah.

Ketua Bappilu DPW PAN Sulsel , AM Irfan AB, mengatakan nama-nama yang diusulkan DPD ialah aspirasi dari bawah. Pengurus di daerah bebas menyebutkan siapa figur yang didukungnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1896 seconds (11.210#12.26)