Pj Wali Kota Makassar Diganti, Pelantikan Digelar Besok

Kamis, 25 Juni 2020 - 12:23 WIB
loading...
Pj Wali Kota Makassar Diganti, Pelantikan Digelar Besok
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menjelaskan soal rencana pelantikan Pj Wali Kota Makassar yang baru. Foto/SINDOnews/Syachrul Arsyad
A A A
MAKASSAR - Gubernur Sulsel , Nurdin Abdullah, bakal melantik Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Sulsel, Rudy Djamaluddin sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar yang baru menggantikan Yusran Jusuf. Pelantikan diagendakan berlangsung di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel pada Jumat (26/6/2020) besok.

"Besok jam dua (14:00 WITA) di rujab. Kenapa harus di rujab, saya ingin mengingatkan bahwa kamu (Rudy Djamaluddin) berasal dari sini, maka kamu harus berkoordinasi di sini," ujar Gubernur Nurdin yang ditemui di Rujab Gubernur Sulsel, Kamis (25/6/2020) siang tadi.

Diketahui, Pj Wali Kota Makassar tengah dijabat oleh Yusran Jusuf. Sebelumnya, Yusran yang juga Kepala Bappelitbangda Sulsel ini dilantik sebagai Pj Wali Kota Makassar tanggal 13 Mei 2020. Artinya, masa jabatannya belum cukup dua bulan.

Gubernur Nurdin mengaku langkah ini sudah dikoordinasikan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Menurut dia, Kota Makassar butuh pemimpin yang kuat untuk percepatan penanganan COVID-19.



"Ini bukan sesuatu yang mudah. Maka kita butuh strong leader, yang bisa merangkul semua elemen masyarakat, yang bisa mengendalikan pemerintahan untuk mengendalikan COVID-19 di Sulsel. Jadi tidak ada hal yang khusus dari pergantian ini," paparnya.

Menurut dia, pergantian Pj Wali Kota Makassar adalah hal yang wajar. Selama pejabat definitif belum terpilih, maka tanggung jawab pemilihan pemimpin sementara Kota Makassar ada di tangan Gubernur Sulsel.

"Yang harus kita pahami bahwa pj wali kota itu adalah perpanjangan tangan gubernur untuk mengendalikan Kota Makassar sementara waktu, sampai menunggu wali kota definitif," pungkas dia.

(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2402 seconds (0.1#10.140)