Petani Tebu di Pulau Sumatera Dukung Ganjar, Bukti Keberpihakan pada Rakyat

Senin, 20 Juni 2022 - 21:43 WIB
loading...
Petani Tebu di Pulau Sumatera Dukung Ganjar, Bukti Keberpihakan pada Rakyat
Deklarasi Petani Tebu Rakyat untuk Ganjar Pranowo maju di Pilpres 2024 mendatang, di Desa Talang Tengah Darat, Kecamatan Lubuk Keliat, Kabupaten Ogan Ilir, Senin, (19/6/2022). Foto: Istimewa
A A A
OGAN ILIR - Keberpihakan Ganjar Pranowo kepada rakyat selama menjabat kembali terbukti. Kali ini ratusan petani di Sumatera Selatan memberikan dukungannya kepada Gubernur Jateng itu untuk maju sebagai capres di 2024 mendatang.

Dukungan itu disampaikan dalam Deklarasi Petani Tebu Rakyat, Senin, (19/6/2022) di Desa Talang Tengah Darat, Kecamatan Lubuk Keliat, Kabupaten Ogan Ilir, Kawasan Pabrik Gula Cinta Manis milik PTPN VII.



“Terus terang, saya sangat mengapresiasi kepeduliannya terhadap ketahanan pangan di level desa. Ini suatu langkah penting bagi kami, terutama para petani tebu di seluruh Indonesia, khususnya di wilayah Sumatera,” ujar Tasam, Ketua Deklarator Petebu Sumatera Selatan dalam keterangan, Senin (19/6/2022).

Tasam meyakini, kebijakan Ganjar yang selalu berpihak pada petani hal itu dibuktikan dengan adanya program sosialisasi, edukasi, promosi dan bantuan modal bagi para petani khususnya petani tebu.



“Kita ambil contoh di Jawa Tengah, dengan program Badan Usaha Milik Petani (BUMP) terbukti memberikan dampak signifikan terhadap omzet dari teman-teman petani di sana, ini menandakan bahwa kerjanya ril,” tegasnya.

Tasam berkomitmen akan mendukung penuh Ganjar sebagai RI dan berharap adanya inovasi pada sektor perbankan yang memudahkan KUR untuk petani, khususnya petebu.



“Kita berkomitmen penuh mendukung Pak Ganjar sebagai RI 1 dan saya berharap inovasi baru terus bermunculan untuk keberpihakannya terhadap petebu. Salah satunya adalah Bank Petani yang akan mendukung kemandirian dan swasembada komoditas pangan,” ujar Tasam.

Tarmudji, Ketua Bidang Penelitian Tebu di Ogan Hilir berpendapat tentang sikapnya Ganjar yang merakyat membuatnya kagum akan sosoknya.

"Saya telah mengagumi sosok Beliau sedari dulu, sejak masih menjabat sebagai anggota DPR. Kepemimpinan yang lugas dan berpihak kepada rakyat membuat saya yakin beliau bisa jadi presiden RI," ujarnya.

Dia pun menambahkan harapannya kepada Ganjar apabila nantinya Ia terpilih menjadi Presiden RI 2024 - 2029 untuk dapat melanjutkan program yang pro terhadap Petani Rakyat.

"Saya berharap program yang saat ini beliau laksanakan di Jawa Tengah bisa dibawa ke nasional, agar para petani, khususnya di sini petani tebu untuk mensejahterakan ekonomi para petani. Selain itu, kami berharap dengan kehadiran sosok beliau bisa memberikan fasilitas penelitian untuk mendapatkan hasil panen yang optimal,” tukasnya.



Sementara, kegiatan ini adalah bentuk komitmen bersama antar petani tebu se-Indonesia kepada Ganjar Pranowo.

Ini merupakan deklarasi keempat yang dilakukan setelah sebelumnya dilangsungkan di Jawa Timur, Jawa Tengah dan Lampung. Serta dihadiri oleh ratusan petani perwakilan dari 15 kabupaten/kota.

Acara yang berlangsung meriah yang diawali dengan deklarasi dari petebu Sumatera Selatan dan dilanjutkan pesta kesenian budaya bernuansa adat. Selain itu, turut serta pemberian santunan kepada anak yatim dan duafa yang melakukan doa bersama agar Ganjar bisa menjadi Presiden RI 2024 - 2029.

Dihadiri oleh kurang lebih 300 peserta yang terdiri dari elemen masyarakat dan gabungan petebu Sumatera Selatan. Turut serta hadir tokoh masyarakat, ketua petebu wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah dan Lampung, serta Ketua Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2056 seconds (0.1#10.140)