Terapkan PPKM Level 1, Kasus Positif COVID-19 di Cimahi Justru Kembali Naik

Senin, 20 Juni 2022 - 17:15 WIB
loading...
Terapkan PPKM Level 1, Kasus Positif COVID-19 di Cimahi Justru Kembali Naik
Kasus positif COVID-19 di Cimahi kembali naik sejak diterapkan PPKM Level 1.Foto/ilustrasi
A A A
CIMAHI - Kemunculan kasus positif COVID-19 di Kota Cimahi kembali meningkat dalam sepekan terakhir. Hal itu diduga karena penularan dari mereka yang telah melakukan perjalanan luar negeri dan juga transmisi lokal.

Pada pekan sebelumnya kasus terkonfirmasi positif COVID-19 sudah melandai dan hanya menyisakan tiga orang. Namun di pekan ini angkanya kembali meningkat mencapai 25 orang hanga dalam kurun waktu satu minggu.

Baca juga: Polda Jabar Dalami Laporan Tamara Blezynski Soal Kasus Dugaan Penggelapan

"Naiknya kasus itu karena ada jamaah umroh pulang yang bergejala, lalu dia memeriksakan secara mandiri dan hasilnya positif," terang Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Dwihadi Isnalini, Senin (20/6/2022).

Menurutnya, saat pulang ke rumah jamaah umroh itu dijemput oleh anaknya. Sehingga ketika orang tuanya diketahui terkonfirmasi positif COVID-19, lalu anaknya memeriksakan diri untuk memastikan dan ternyata memang telah terjadi penularan.

Sementara untuk kasus positif lainnya itu dikarenakan bersumber dari penularan lokal. Dimana warga yang sudah merasakan ada gejala awal tanda-tanda COVID-19, kemudian memeriksakan secara mandiri dan hasilnya ternyata positif.

"Sekarang testingnya untuk yang bergejala. Jadi ada beberapa pasien yang bergejala sehingga terdeteksi dan hasilnya positif," kata dia.

Adanya kenaikan kasus COVID-19 ditengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 ini jadi perhatian Dinkes. Masyarakat diminta tidak abai dalam menerapkan protokol kesehatan dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di tengah adanya berbagai kelonggaran aktivitas.

Terlebih kini muncul subvarian Omicron B.4 dan B.5. Meski belum terdeteksi di Kota Cimahi, namun meminta masyarakat untuk tetap waspada. Termasuk bagi mereka yang belum mendapatkan booster agar segera mendatangi tempat-tempat vaksinasi.

"Varian baru kita waspadai, walaupun di Cimahi belum muncul. Sambil juga meminta yang belum booster agar segera datang ke puskesmas, karena layanan vaksin terus dilakukan," pungkasnya
(msd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2412 seconds (11.210#12.26)