alexametrics

Pelaku Curas Mengaku Berparas Cantik Ini Terpaksa Dilumpuhkan

loading...
Pelaku Curas Mengaku Berparas Cantik Ini Terpaksa Dilumpuhkan
Jajaran Satreskrim Polresta Tasikmalaya mengamankan 3 pelaku aksi curas yang beraksi di Jalan Swaka, Tasikmalaya. Foto/Asep Juhariyono
A+ A-
TASIKMALAYA - Jajaran Satreskrim Polresta Tasikmalaya berhasil mengamankan 3 pelaku aksi pencurian dengan kekerasan (curas) yang beraksi di Jalan Swaka, Tasikmalaya. Para pelaku beraksi dengan modus berkenalan di media sosial Facebook dan mengaku sebagai wanita cantik.

Ketiga pelaku tersebut adalah Wiba Wiguna (22) pelaku utama, Arab Rafli (19) adik kandung dari pelaku utama, dan Muhammad Mulyarobi (23), keduanya bertugas menjaga ketika sang kakak melakukan aksinya. ketiganya merupakan warga Cipedes, Kota Tasikmalaya. (Baca juga: Edarkan Sabu Pakai Seragam Dinas, Honorer Dishub Tasikmalaya Dibekuk)

Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya Kota AKP Yusuf Ruhiman mengatakan, satu dari tiga pelaku terpaksa harus dilumpuhkan dengan timah panas karena berusaha melarikan diri. Dalam kasus tersebut, polisi berhasil mengamankan dua unit sepeda motor yakni milik korban dan yang digunakan pelaku, serta telpon genggam.

“Pelaku diciduk setelah polisi menyamar sebagai pembeli motor tersebut dan janjian di sebuah SPBU di Mangkubumi. Saat ditangkap, pelaku membawa motor yang dicurinya. Ketiga tersangka dijerat pasal 365 kuhpidana ayat 1 dan 2, dengan ancaman kurungan 12 tahun penjara,” kata AKP Yusuf Ruhiman, Rabu (24/6/2020). (Baca juga: 16 Kali Beraksi di Sukabumi, 2 Pencuri-2 Penadah Ditangkap Polisi)



Menurut Kasat Reskrim, tersangka utama WB, membuat akun facebook palsu dengan mengaku seorang perempuan bernama Kartika Sari dan memasang foto perempuan cantik bak bidadari.

Selanjutnya, tersangka berkenalan dengan korban bernama Asep Doni dan berlanjut dengan percakapan di pesan singkat facebook. Tersangka WB yang mengatasnamakan Kartika Sari mengajak janjian untuk bertemu di pom bensin Jalan Letjen Mashudi, Kelurahan Setiaratu, Kecamatan Cibeureum, Kota Tasikmalaya. Namun, ketika akan ketemuan, korban didatangi oleh tersangka WB bersama dua rekannya tersangka, RB dan tersangka AR yang menggunakan sepeda motor Mio.



Tersangka WB langsung menghampiri korban Asep Doni dan mengaku sebagai suami dari Kartika Sari. Tersangka meminta handphone milik korban dengan alasan untuk mengecek chat. Setelah handphone dikuasai oleh tersangka, selanjutnya tersangka mengajak korban ke tempat kost dengan dalih untuk meluruskan.

Namun, saat itu tersangka meminta kunci motor milik korban dan membonceng korban, adapun dua tersangka lainnya, RB dan AR, yang merupakan adik kandung tersangka WB mengikutinya dari belakang.

Di pertengahan jalan, pelaku WB berpura-pura motornya mati, padahal sengaja dimatikan dari kunci kontaknya. Korban disuruh untuk turun, saat itu pelaku menyuruh korban untuk menyelah sepeda motor, sementara pelaku masih dalam posisi duduk diatas motor memegang stang.

“Namun ketika sepeda motor hidup, pelaku langsung tancap gas melarikan diri. Korban langsung menarik baju tersangka, nahas, korban pun terseret hingga 15 meter dan mengalami luka. Karena tak kuat korban pun melepaskan pegangannya,” terangnya.
(mpw)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak