Dampak Bencana Angin Puting Beliung di Maros Meluas, 161 Rumah Rusak

Jum'at, 17 Juni 2022 - 17:24 WIB
loading...
Dampak Bencana Angin Puting Beliung di Maros Meluas, 161 Rumah Rusak
Dampak bencana angin puting beliung di Kabupaten Maros kian meluas. Bahkan ada 161 rumah rusak. Foto: Sindonews/Najmi Limonu
A A A
MAROS - Dampak angin puting beliung yang terjadi di dua kelurahan dan satu desa di Kecamatan Maros Baru, Kabupaten Maros pada Kamis (16/06/2022) terus meluas.

Tercatat hingga, Jumat sore (17/6/2022) jumlah rumah yang rusak telah mencapai 161 unit, 53 rusak berat dan 108 unit rusak ringan.

Baca Juga: Puluhan Rumah Warga di Maros Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Camat Maros Baru, Andi Irfan menrinci, untuk kelurahan Baju Bodoa , jumlah rumah yang rusak sebanyak 92 unit, 30 diantaranya rusak berat. Sementara di Kelurahan Baji Pammai totalnya mencapai 58 rumah dengan kerusakan berat sebanyak 17. Sedangkan desa Borikamase 11 rumah, 6 rumah dikategorikan rusak berat.

“Semalam memang baru data sementara. Nah siang ini kita sudah lakukan pemeriksaan kembali dan ada juga warga datang melapor dan kami verifikasi. Sekarang totalnya sudah 161 dan mudah-mudahan tidak bertambah lagi,” katanya, Jumat (17/06/2022).

Sejauh ini, pihak pemerintah masih terus melakukan pendataan untuk memastikan kerugian material yang timbul dari bencana puting beliung itu. Tak hanya itu, pemerintah juga ingin menginvetarisir kebutuhan mendasar warga yang terdampak.

“Kalau soal kerugian materil, kami belum bisa pastikan. Kita masih terus melakukan pendataan, sekaligus untuk memastikan kebutuhan mendasar apa yang diinginkan warga yang terdampak ini,” lanjutnya.

Rencananya kata dia, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama pihak terkait akan tetap membuka posko pasca bencana selama 7 hari di lokasi itu. Saat ini, sudah ada 3 posko yang dibuat termasuk dapur umum.

“Tadi pagi, kita bersama petugas gabungan melakukan pembersihan. Atap warga yang terbang itu kita angkat dan rapikan. Pohon yang tumbang dan menimpa rumah warga juga, kita sudah potong bersih,” terangnya.

Andi Irfan mengaku, sejak semalam telah menerima berbagai jenis bantuan dari sejumlah pihak yang datang langsung ke posko induk. Bahkan beberapa organisasi relawan juga telah datang membantu dengan mendirikan posko dan dapur umum.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1949 seconds (11.97#12.26)