alexametrics

Sampoerna-Yayasan Rumah Kita Bantu Pemkab Karawang Atasi Lonjakan COVID-19

loading...
Sampoerna-Yayasan Rumah Kita Bantu Pemkab Karawang Atasi Lonjakan COVID-19
PT HM Sampoerna bersama Yayasan Rumah Kita menyalurkan bantuan ventilator dan APD kepada Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana. Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A+ A-
KARAWANG - PT HM Sampoerna bersama Yayasan Rumah Kita menyerahkan bantuan ventilator dan ribuan alat pelindung diri (APD) kepada Pemerintah Kabupaten Karawang dalam upaya mengatasi lonjakan kasus COVID-19.

Diketahui, setelah 20 pasien positif terpapar virus Corona seluruhnya dinyatakan sembuh, dalam tiga hari terakhir, Kabupaten Karawang kembali mengalami lonjakan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 11 orang. (BACA JUGA:190 Anak Terpapar Corona, Berli: Terbanyak di Bodebek dan Bandung Raya)

Bantuan diserahkan langsung oleh Kepala Hubungan Regional PT HM Sampoerna Ishak Danuningrat dan Direktur Program Yayasan Rumah Kita Adrianus M Uran kepada Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana di Kantor Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Karawang, Markas Kodim 0604. (BACA JUGA:Update Corona Jabar: Pasien Sembuh Tembus 7 Kali Lipat dari Meninggal)

Dalam kegiatan yang dilaksanakan Selasa (23/6/2020) itu, Ishak Danuningrat berharap, bantuan berupa dua unit ventilator, 5.000 masker kain, 500 baju hazmat, 50 full set alat pelindung diri, dan 200 face shield tersebut dapat membantu Pemkab Karawang memerangi COVID-19.



"Bantuan yang kami berikan ini sebagai bentuk pengejawentahan simbol tiga tangan. Artinya, memperhatikan masyarakat dan komunitas secara keseluruhan. Semoga bantuan ini bisa membantu Karawang dalam memerangi COVID-19," kata Ishak.

Direktur Program Yayasan Rumah Kita Andrianus M Uran mengemukakan, Sampoerna dan pihaknya telah menyalurkan bantuan di sejumlah daerah di Provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Yogyakarta dimana mayoritas bantuan yang disalurkan berupa APD bagi tenaga medis.



"Tenaga medis menjadi orang yang paling rentan terpapar COVID-19. Bantuan APD ini setidaknya akan membantu mengurangi risiko mereka tertular COVID-19 dan memberikan rasa tenang dalam menjalankan tugas," tutur Andrianus.

Sementara itu, Bupati Karawang, Cellica Nurachdiana menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan Sampoerna dan Yayasan Rumah Kita. Terlebih, kata Cellica, HM Sampoerna pun selama ini banyak membantu Karawang, khususnya dalam penyediaan lapangan kerja dan pendidikan.

"Kami ucapan terima kasih karena telah banyak dibantu oleh HM Sampoerna, baik dalam penanggulangan COVID-19 maupun bidang lainnya," ungkap Cellica seraya mengatakan, ke depan, bantuan ventilator juga bisa digunakan untuk penanganan pasien non-COVID-19.

Cellica mengakui, penambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 kembali terjadi di Kabupaten Karawang. Meski begitu, kata dia, penambahan kasus tersebut masih terbilang dalam batas normal.

"Sampai tadi malam ada penambahan (pasien positif COVID-19) lagi satu orang. Jadi, sampai saat ini ada 11 orang yang positif COVID-19," sebut Cellica.

Menurut Cellica, penambahan 11 kasus terkonfirmasi COVID-19 baru tersebut diperoleh setelah Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Karawang menggelar swab test massal. "Saat ini, masih ada 1.000 sampel yang tengah diperiksa dan menunggu hasilnya," katanya.
(awd)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak