Ini Lembaga Riset yang Lakukan Pembuktian Ancaman Banjir Rob di Pantura

Senin, 13 Juni 2022 - 18:45 WIB
loading...
Ini Lembaga Riset yang Lakukan Pembuktian Ancaman Banjir Rob di Pantura
Warga mengungsi saat banjir rob menerjang wilayah Jawa Tengah. Adanya ancaman banjir rob yang akan melanda Pantura membuat lembaga riset di Bandung akan melakukan riset untuk membuktikannya. Foto: SINDOnews
A A A
BANDUNG - Sejumlah lembaga riset akan melakukan riset potensi banjir rob yang diprediksi bakal terjadi dalam sepekan ini. Hal itu menyusul adanya ancaman banjir rob di Pantura .

Lembaga riset tersebut di antaranya Lembaga Kebencanaan IA-ITB bekerja sama dengan Laboratorium Geodesi ITB dan juga beberapa pegiat kebencanaan seperti Naraloka, Yayasan Mitigasi Hub Indonesia, Wanadri, Koalisi Peduli Lingkungan Jawa Tengah, Ganesha Nusakarya Consulting, Alfikr dan Pusat Penelitian Kebencanaan dan Perubahan Iklim ITS.



"Kami sedang melakukan prediksi dan pembuktian atas prediksi banjir rob di Pantura yang diperkirakan terjadi di antara tanggal 13 hingga 16 Juni 2022," kata Kepala Lembaga Riset Kebencanaan IA-ITB Heri Andreas.



Menurut dia, dengan perhitungan data-data yang cermat diharapkan hasil prediksi dapat dibuktikan prediksinya dengan baik. Nantinya, hasil riset akan diberikan kepada Pemerintah, sebagai argumen yang menunjukkan bahwa sejatinya banjir rob adalah bencana bauran.

Yaitu bencana yang lebih dikarenakan ulah manusia, yang dapat diprediksi dan diantisipasi dengan baik. Untuk itu banjir rob di masa yang akan datang seharusnya hanya tinggal sebuah cerita yang dibaca anak cucu, bukan bencana yang harus ditanggung mereka.



Heri Andreas yang juga sebagai Kepala Laboratorium Geodesi Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB lebih jauh mencatat bahwa di samping Pemerintah masih meyakini banjir rob sebagai bencana alam yang diluar kendali manusia, bencana ini ternyata belum secara tegas masuk ke dalam kategori bencana dalam Undang-Undang Kebencanaan serta perundangan turunannya.

Ini menjadi kendala tersendiri bagi Pemerintah baik di Pusat maupun di Daerah dalam membuat program yang komprehensif terkait upaya pengurangan risiko bencana banjir rob.

Bencana ini hanya dilihat secara parsial, dari sudut pandang yang berbeda-beda, sehingga sampai dengan hari ini banjir rob masih menjadi pemandangan umum wilayah pesisir dan pemberitaan di media-media.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1778 seconds (0.1#10.140)