Pemerintah Pinrang dan Parepare Gelar Pelepasan Ratusan JCH

Rabu, 08 Juni 2022 - 17:03 WIB
loading...
Pemerintah Pinrang dan Parepare Gelar Pelepasan Ratusan JCH
JCH Pinrang saat pelepasan oleh Bupati Pinrang Andi Irwan Hamid di Ruang Pola Kantor Bupati Pinrang. Foto/SINDOnews/Darwiaty Dalle
A A A
PAREPARE - Ratusan Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Pinrang dan Kota Parepare dilepas ke Tanah Suci Mekkah, Rabu, (8/6/2022). Seremoni pelepasan ratusan JCH dilakukan langsung oleh masing-masing kepala daerah.

Bupati Pinrang, Andi Irwan Hamid, hadir langsung melepas 164 JCH asal daerahnya di Ruang Pola Kantor Bupati. Adapun JCH Pinrang tergabung dalam kloter empat bersama Kota Makassar, Barru dan Luwu.



Kepala Kantor Kementerian Agama Pinrang, Irfan Daming, mengatakan Pinrang menjadi daerah dengan jumlah JCH terbanyak dibanding empat daerah yang tergabung dalam kloter empat.

"Pemberangkatan JCH Pinrang ke Asrama Haji Sudiang dipusatkan di Masjid Al Munawir Pinrang pada Senin (20/6/2022) pukul 02.00 Wita mendatang," katanya.

BupatiIrwan pada kesempatan itu mengimbau agar para jamaah menjaga silaturahmi antar jamaah. Ia juga mengingatkan agar para jamaah menjaga kesehatannya dalam menjalankan ibadah. Karena kondisi cuaca di tanah suci saat ini tengah diterpa panas yang ekstrim.

“Saya juga berpesan kepada tenaga kesehatan yang diberangkatkan agar memperhatikan kondisi kesehatan para jamaah," katanya.

Di hari yang sama, Pemkot Parepare juga menggelar pelepasan 61 JCH yang tergabung dalam kloter 1 Embarkasi Hasanuddin Makassar. Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, hadir langsung dan tampak didampingi Kepala Kementerian Agama Parepare Abd Gaffar, di Auditorium BJ Habibie.

Taufan dalam sambutannya berpesan kepada 61 JCH ini bisa menjadi duta-duta Kota Parepare yang mampu membedakan wajib haji dan rukun haji. Agar ibadah para JCH ini bisa berjalan dengan sempurna.

Taufan juga berpesan agar JCH Parepare selalu mengingatkan untuk menjaga kekompakan dan tidak memiliki ke egoan saat berada di Tanah suci.

"Tetap jaga kekompakan, karena tidak sedikit ujian-ujian selama kita menjalankan ibadah haji disana. Dan juga tetap jaga kesehatan selama beribadah, agar kembali di Indonesia dengan keadaan sehat juga,” papar Taufan.

Kepala Kementerian Agama Parepare, Abd Gaffar, menambahkan puluhan JCH Parepare akan diberangkatkan bersama CJH asal Kota Makassar, Kabupaten Sinjai dan Soppeng.

Selaku pihak Kemenag, tambah Gaffar, telah berupaya agar JCH Parepare diberangkatkan pertama bersama jemaah dua daerah lainnya sesuai harapan walikota Parepare.



“Untuk pemberangkatan tahun ini, kami berupaya dan berusaha semaksimal mungkin bagaimana parepare selalu menjadi terdepan. Makanya kami berusaha semaksimal mungkin bisa meraih kloter satu bergabung Makassar, Sinjai dan Soppeng,” papar Gaffar.

JCH Parepare akan diberangkatakan menuju Asrama Sudiang pada tanggal 16 Juni mendatang dan terbang ke Madinah pada tanggal 17 Juni 2022.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4825 seconds (0.1#10.140)