Punya Sistem Puskesos Pertama, Pemkab Maros Lakukan Sosialisasi

Senin, 06 Juni 2022 - 13:44 WIB
loading...
Punya Sistem Puskesos Pertama, Pemkab Maros Lakukan Sosialisasi
Bupati Maros, AS Chaidir Syam membuka sosialisasi Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos)-Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT), Senin (6/6/2022). Foto: SINDOnews/Najmi Limonu
A A A
MAROS - Bupati Maros , AS Chaidir Syam membuka sosialisasi Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos)-Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) di Ruang Pola Kantor Bupati Maros, Senin (6/6/2022).

Kegiatan ini merupakan kali pertama dilakukan di Sulsel. Maros menjadi satu-satunya kabupaten yang memiliki Puskesos.

Baca Juga: Bupati Maros
Bupati Maros mengungkapkan, pelaksanaan sosialisasi Puskesos bermanfaat bagi stakeholder. Khususnya, petugas sosial di masing-masing wilayah.

"Sosialisasi Puskesos merupakan salah satu agenda penting. Sebab, memberikan pemahaman bagi pengelola Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), supervisor Puskesos kecamatan, serta koordinator Puskesos desa dan kelurahan. Hingga menyentuh masyarakat hingga paling bawah," sebutnya.

Baca Juga: Chaidir
"Petugas Puskesos menjadi mata, telinga dan tangan pemerintah. Menjadi perantara problem masyarakat untuk disampaikan ke pemerintah daerah," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Nuryadin mengatakan, Puskesos di Sulsel baru Maros yang mengawali. "Tiga orang dari perwakilan kita telah diundang ke Jakarta untuk mengikuti pelatihan tentang Puskesos. Ilmu yang didapat nanti akan ditransfer dan mengawal penuntasan permasalahan sosial Kabupaten Maros termasuk data kemiskinan," bebernya.

Ketua DPRD Kabupaten Maros , Andi Patarai Amir yang turut hadir mengaku sangat bersyukur dengan hadirnya Puskesos di tengah-tengah masyarakat Maros. Pihaknya merasa sangat terbantu, sebab dapat meminimalisir keluhan di masyarakat.

Baca juga:Pemkab Maros Raih Opini WTP 9 Kali Berturut-turut

"Dari dulu sampai sekarang kita sering terbentur terkait data kemiskinan yang ada di Kabupaten Maros. Namun dengan adanya puskesos, kita bisa menjangkau lebih dalam membantu masyarakat kita di bawah," pungkasnya.

Peserta yang turut hadir dalam sosialisasi tersebut sebanyak 234. Dengan rincian, pengelola JKN sebanyak 14 orang, supervisor Puskesos kecamatan sebanyak 14 orang, koordinator Puskesos desa dan kelurahan sebanyak 103 orang, serta fasilitator 103 orang.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1180 seconds (0.1#10.140)