Bupati Bulukumba Paparkan Program Rumpon di Simposium Perikanan Kelautan

Minggu, 05 Juni 2022 - 16:28 WIB
loading...
Bupati Bulukumba Paparkan Program Rumpon di Simposium Perikanan Kelautan
Bahkan Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf memaparkan sejumlah program andalan Pemkab Bulukumba dalam simposium Nasional IX dan Internasional V Kelautan dan Perikanan. Foto: Istimewa
A A A
BULUKUMBA - Pemerintah Kabupaten Bulukumba terus mendorong konstribusi seluruh sektor membangkitkan perekonomian daerah, termasuk sektor perikanan.

Bahkan Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf memaparkan sejumlah program andalan Pemkab Bulukumba dalam simposium Nasional IX dan Internasional V Kelautan dan Perikanan yang digelar Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin.

Andi Utta sapaan akrab Bupati Bulukumba, konstribusi sektor pertanian kehutanan dan perikanan terhadap perekonomian daerah atau PDRB sebesar 36,86 persen.



“Sementara khusus untuk sektor perikanan menyumbang konstribusi sebesar 11,94 persen dari total PDRB,” bebernya.

Melihat potensi tersebut, Andi Utta mengaku akan lebih memaksimalkan potensi perikanan dan meningkatan produktifitas perikanan tangkap yang nilai produksinya saat ini Rp1,3 triliun.

Untuk itu sejumlah program prioritas dilaksanakan oleh pemerintah daerah, seperti Gerakan 1000 Rumpon, Penyediaan Kolam Labuh, Pembangunan Sentra Pelelangan Ikan, dan Budidaya Rumput Laut dengan sistem keramba.

Rumpon, lanjutnya bukan alat tangkap , tapi sebagai tempat makan ikan dengan adanya planton. Karena perairan Bulukumba khususnya laut dalam minim terumbu karang, maka rumpon menjadi solusi untuk menjadi lokasi bermain ikan.

“Jadi nelayan itu tidak lagi pergi mencari ikan, tapi ke laut untuk menangkap ikan di lokasi ada rumponnya,” bebernya.

Lebih lanjut dikatakan 1 unit rumpon dapat menghasilkan produksi ikan rata-rata 40 ton perbulan yang biasanya diambil empat kali dalam sebulan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1478 seconds (0.1#10.140)