Kobaran Api Hanguskan 10 Hektare Lahan di Tanjung Sagu Natuna

Sabtu, 04 Juni 2022 - 20:47 WIB
loading...
Kobaran Api Hanguskan 10 Hektare Lahan di Tanjung Sagu Natuna
Kebakaran lahan seluas 10 hektare terjadi di Tanjung Sagu, Desa Cemaga, Kabupaten Natuna, Sabtu (4/6/2022) petang. Foto/inews TV/Alfie Al Rasyid
A A A
NATUNA - Kobaran api yang sangat besar, menghanguskan lahan di wilayah Tanjung Sagu, Desa Cemaga, Kabupaten Natuna, Sabtu (4/6/2022) petang. Diduga, kebakaran lahan ini dipicu oleh adanya aktivitas warga yang berkebun dan membakar semak-semak.

Baca juga: Kebakaran Lahan di Rokan Hulu Riau Meluas, Pemadaman secara Manual

Besarnya korbaran api, membuat api dengan cepat membakar seluruh lahan kering di kawasan tersebut. Petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Natuna, bersama prajurit TNI, dan BPBD Kabupaten Natuna, harus berjibaku memadamkan kobaran api.



Dua unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api. Kasi Operasional Dinas Pemadam Kebakaran Natuna, Elkadar Lismana menyebutkan, kebakaran ini menghanguskan lahan seluas 10 hektare.

Baca juga: Detik-detik Janda Muda di Kendari Dibacok Mantan Suami hingga Bersimbah Darah

"Api diduga berasal dari aktivitas warga yang berkebun, dan membakar lahannya. Kondisi semak-semak yang kering, membuat api dengan cepat membesar dan merembet ke mana-mana," ungkap Elkadar.

Kobaran Api Hanguskan 10 Hektare Lahan di Tanjung Sagu Natuna


Upaya pemadaman kebakaran lahan ini, sempat terkendala lokasi kebakaran yang sangat jauh, dan terbatasnya sumber air di lokasi kebakaran lahan. Petugas gabungan berjibaku memadamkan api, agar tidak merembet ke permukiman warga.

Baca juga: Kisah Nurhasana Korban Selamat KM Ladang Pertiwi 02, 4 Hari Terombang-ambing di Laut Bersama Anaknya

Kobaran api yang membakar lahan tersebut, baru dapat dipadamkan sekitar pukul 19:30 WIB. Elkadar berharap, masyarakat tidak melakukan aktivitas pembakaran lahan, agar peristiwa kebakaran lahan ini tidak terulang kembali.
(eyt)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2016 seconds (10.101#12.26)