Sekda Sarmi Tersungkur Bersimbah Darah Dibacok Massa yang Beringas saat Dialog Pembayaran Hak Ulayat

Jum'at, 27 Mei 2022 - 21:51 WIB
loading...
Sekda Sarmi Tersungkur Bersimbah Darah Dibacok Massa yang Beringas saat Dialog Pembayaran Hak Ulayat
Sekda Kabupaten Sarmi, Elias Bakay dikeroyok dan dibacok oleh sekelompok massa saat dialog. Foto/iNews TV/Chanry Andrew Suripatty
A A A
SARMI - Sekda Sarmi, Elias Bakay tersungkur bersimbah darah, usai dikeroyok dan dibacok oleh massa. Pengeroyokan dan pembacokan tersebut, terjadi saat dialog masyarakat gabungan dari Tor Atas, Apawer, serta Mafen Tor.

Baca juga: Gara-gara Uang Warisan, Tumian Bacok Ibu Kandung dan Copot Selang Oksigen hingga Tewas

Aksi brutal ini berawal saat ratusan massa dari Kampung Tor Atas, Apawer, serta Mafen Tor, melakukan aksi blokade Jembatan Tor Atas, guna menuntut pembayaran hak ulayat jembatan Tor Atas. Kejadian ini berawal sekitar pukul 15.00 WIT.



Atas aksi blokade tersebut, Kapolres Sarmi memerintahkan anggota Sat Intel bersama Sat Binmas melakukan koordinasi dengan massa yang melakukan aksi blokade, agar menghentikan aksi yang mereka lakukan, akan tetapi tidak diindahkan oleh massa.

Baca juga: Langit Turut Berduka, Gerimis Tipis Iringi Penyiapan Makam untuk Buya Syafii Maarif

Sekitar pukul 17.00 WIT, Sekda Sarmi, Elias Bakay bersama personel Polres Sarmi yang dipimpin oleh Kabag Ops Polres Sarmi, AKP Josua Abba datang ke TKP blokade, serta melakukan pertemuan dengan massa yang melakukan blokade.

Tetapi pertemuan itu tidak menemui titik terang terkait pembayaran hal ulayat, sehingga membuat emosi peserta aksi massa. Massa melakukan tindakan brutal, dengan menyerang Sekda Sarmi. Personel polisi sempat memberikan pertolongan, namun tetap dikajar massa.

Anggota polisi langsung memblokade jalan, untuk menghadang massa. Tetapi massa yang beringgas justru menyerang personel polisi, dengan melakukan pemanahan. Personel Polres Sarmi sempat mengeluarkan tembakan peringgatan ke udara, tetapi massa bertambah beringas.

Baca juga: Tertangkap Selundupkan Sabu, Tangis Ibu Rumah Tangga Ini Pecah di Polres Singkawang

Saat ini anggota Polres Sarmi bersiaga di jembatan Tor Atas, untuk mengendalikan situasi. Sedangkan massa masih bertahan di Kampung Mafentor, serta melakukan aksi blokade jalanan

Tiga orang anggota polisi, yakni Aipda Musa Hamokwarong dikeroyok massa; Bripda Ogy, serta Bripda Niang terserempet panah pada kaki. Sementara Sekda Sarmi, Elias Bakay luka bacok. Mobil Binmas, serta mobil patroli Polsek dirusak massa.

Korban pada pihak warga ada enam orang, mereka terluka dan sudah dibawa ke RS Sarmi. Yakni, Rio Weiraso, Tandius Saroni, Izak Anabe, Leo weraso, Dedeus sarone, dan Esra Mamawiso.
(eyt)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3032 seconds (11.97#12.26)