Terima Tamu dari Malang, Manula Blitar Positif Covid-19

Senin, 22 Juni 2020 - 19:45 WIB
loading...
Terima Tamu dari Malang, Manula Blitar Positif Covid-19
ilustrasi
A A A
BLITAR - Gara-gara menerima tamu dari Malang, seorang warga Kelurahan Sentul, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar terkonfirmasi positif Covid-19.

"Hasil pemeriksaan swabnya positif," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Blitar Muhammad Muchlis dalam keterangan rilisnya, Senin (22/6/2020).(Baca juga: Siswa Blitar Belum Bersekolah, Walikota: Nanti Jadi Klaster Baru )

Pasien positif baru ini berjenis kelamin laki-laki dengan usia 95 tahun. Yang bersangkutan sebelumnya dalam keadaan sehat. Namun pada 16 Juni tiba tiba mengeluh demam, disertai batuk dan pilek. Sementara ia tidak memiliki riwayat dari daerah zona merah.

"Kemudian berobat ke rumah sakit swasta dan dirapid test," terang Muchlis. Hasil rapid test Covid-19 ternyata menunjukkan tanda reaktif. Petugas medis langsung melanjutkan pemeriksaan swab test yang hasilnya juga dinyatakan positif Covid-19. Dalam tracing diketahui pasien belum lama menerima tamu dari Malang.

Tamu yang juga kerabat dekat tersebut datang pada 15 Juni atau sehari sebelum yang bersangkutan mengeluh demam, batuk, pilek. Dalam tracing, petugas medis juga memeriksa lima orang yang telah berkontak erat dengan pasien. (Baca juga: Sekwan DPRD Jatim Gelar Rapid Test Massal, 4 Orang Reaktif )

Menurut Muchlis, saat ini pasien dalam proses evakuasi ke rumah sakit rujukan Covid-19. "Pasien dievakuasi ke rumah sakit rujukan," pungkas Muchlis.

Sesuai laporan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Blitar pada 22 Juni 2020, jumlah Orang dalam Pemantauan (ODP) Covid-19 sebanyak 210. Perinciannya, jumlah ODP setelah dipantau 14 hari sebanyak 206, jumlah ODP dalam proses pemantauan 2 orang dan ODP meninggal dunia 2 orang.

Sementara jumlah Pasien dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 7 orang. Perinciannya, PDP selesai pengawasan 6 orang dan 1 orang meninggal dunia. Sedangkan jumlah pasien positif Covid-19 sebanyak 6 orang. Dengan perincian, dua orang dalam proses perawatan dan empat orang sembuh.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2213 seconds (0.1#10.140)