Disdukcapil Maros Sebut Penulisan Nama di KTP Minimal Dua Kata

Rabu, 25 Mei 2022 - 15:39 WIB
loading...
Disdukcapil Maros Sebut Penulisan Nama di KTP Minimal Dua Kata
Disdukcapil Maros mengimbau masyarakat dalam penulisan nama di KTP untuk minimal menggunakan dua suku kata merujuk aturan baru. Foto/Ilustrasi
A A A
MAROS - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tito Karnavian, sebelumnya telah meneken Permendagri Nomor 73 Tahun 2022 tentang Pencatatan Nama pada Dokumen Kependudukan. Dalam Permendagri itu, ditegaskan Pencatatan Nama pada Dokumen Kependudukan dengan memenuhi persyaratan jumlah huruf paling banyak 60 huruf termasuk spasi, aturan itu tercantum pada pasal 4 ayat (2) poin b.

Menanggapi hal tersebut, Plt Kepala Disdukcapil Maros , Laurensius Nong Kese, menjelaskan aturan baru pada dokumen kependudukan tersebut bertujuan untuk memudahkan anak dalam pencatatan dokumen. Merujuk regulasi itu, penulisan nama di KTP disebutnya minimal dua suku kata.



"Misalnya, ketika anak mau ke luar negeri untuk membuat paspor, minimal harus dua suku kata. Nama harus selaras dengan pelayanan publik lainnya," kata dia, Rabu (25/05/2022).

Laurensius mengimbuhkan jika ada pemohon yang memberikan nama pada anaknya hanya satu kata, maka diimbau untuk menggunakan minimal dua kata.

"Namanya tetap boleh ditulis, ini bersifat imbauan, tapi untuk menghindari dan mempermudah pengurusan di kemudian hari tetap harus membuat dua suku kata," terangnya.

Laurensius juga mengatakan, pencatatan nama pada dokumen kependudukan harus juga sesuai dengan norma dan kesopanan.

"Pemberian nama juga jangan terlalu panjang , tetap menjaga norma-norma yang berlaku ditengah masyarakat kita," katanya.

Dia menegaskan, hal ini sejatinya hanya bersifat imbauan. "Yang datang mengurus di Disdukcapil kita imbau untuk mengikuti aturan, agar tidak bermasalah dikemudian hari," sebut dia.

Sejauh ini, kata Laurensius, pihaknya juga sementara masih dalam tahap sosialisasi terkait aturan baru yang diberlakukan ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1169 seconds (0.1#10.140)