Normal Baru Candi Borobudur Antar Jateng Juara Inovasi Daerah

Senin, 22 Juni 2020 - 15:47 WIB
loading...
Normal Baru Candi Borobudur Antar Jateng Juara Inovasi Daerah
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo saat menerima penghargaan Lomba Inovasi Daerah Dalam Tatanan Normal Baru di Sektor Tempat Wisata-Klaster Provinsi. Foto/Dok. Humas Pemprov Jateng
A A A
JAKARTA - Upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng), dalam prakondisi obyek wisata Candi Borobudur menuju tatanan normal baru diapresiasi pemerintah pusat.

(Baca juga: Polisi Datangi Keluarga Pelaku Penyerangan Wakapolres Karanganyar )

Pemprov Jateng menerima penghargaan sebagai Juara 1 Lomba Inovasi Daerah Dalam Tatanan Normal Baru di Sektor Tempat Wisata-Klaster Provinsi di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (22/6/2020).

Dalam lomba yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ini, Jateng berhasil mengungguli Jawa Timur (Jatim) dan Sulawesi Selatan (Sulsel), yang masing-masing menempati posisi juara 2 dan 3.

Jateng juga meraih predikat Juara 1 di sektor Transportasi Umum, mengungguli Bali, dan Kalimantan Tengah, serta Juara 3 sektor Pelayanan Terpadu Satu Pintu, menyusul Sulawesi Tengah dan Kalimantan Utara.

(Baca juga: Mesum di Rumah Kos, 3 Pasangan Kumpul Kebo Digrebek Satpol PP )

Sejumlah kabupaten dan kota di Jateng juga memenangi penghargaan ini, yakni Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Banyumas, Kebumen, dan Kabupaten Tegal.

Meski mendapat penghargaan prakondisi di Candi Borobudur, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo menegaskan belum akan membuka semua obyek wisata di wilayahnya. Dia mengatakan, pembukaan obyek wisata harus mengikuti kondisi dan ketentuan yang disyaratkan oleh Gugus Tugas COVID-19.

"Belum (dibuka). Tidak boleh diartikan seperti itu. Kita harus lihat grafiknya (kasus COVID-19) yang mulai turun, melandainya cukup drastis, melantainya cukup panjang dan ada konsistensi waktu minimal 14 hari," katanya.

Selain itu, pemerintah daerah dan pengelola obyek wisata juga harus menyiapkan infrastruktur sarana dan prasarana penunjang protokol kesehatan COVID-19, termasuk menyiapkan arus transportasi dan alur kunjungan calon wisatawan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1730 seconds (0.1#10.140)