Tradisi Lebaran di Papua, Bukti Kokohnya Toleransi Beragama dan Kedamaian

Kamis, 12 Mei 2022 - 08:23 WIB
loading...
A A A
Menurutnya, Toleransi pada Idul Fitri di Papua, tergambar pada Pawai Hadrat, suatu upacara merayakan Idul Fitri masyarakat Kaimana. Pawai ini dimeriahkan dengan tetabuhan kendang, tifa, rebana untuk mengiring shalawat. Warga yang mengikuti pawa akan menari bersama sambil berkeliling silaturahmi.

Selain di Kaimana, tradisi pawai Hadrat juga dilaksanakan di Jayapura. Meski tradisi ini untuk merayakan hari besar Islam, namun banyak melibakan umat non muslim di dalamnya, sehingga menjadi momentum membangun toleransi dan moderasi.

“Masyarakat Papua tidak hanya memiliki kekayaan alam yang melimpah tetapi juga kekayaan budaya dan tradisi yang jika dikembangkan bisa dijadikan modal membangun kesejahteraan warganya.” jelasnya pada Webinar Eid Traditions In Papua and Religious Tolerance, Rabu, (11/5/2022).

Baca Juga: Tabrakan 3 Pengendara Motor di Serang Banten, 1 Tewas 2 Kritis.

Dia juga mengajak agar kita berguru, belajar dari warisan tradisi, warisan nilai-nilai yang sudah diwariskan oleh para leluhur. Sudah begitu banyak intan permata berlian yang diwariskan para leluhur tetapi lupa dan tidak tau karena kita tidak pernah mengasah dan menggalinya.

"Mari kita gali, kita asah, supaya intan permata berlian kebudayaan yang diwariskan oleh para leluhur itu bisa menjadi pedoman dan sesuatu yang mahal dan bermanfaat dalam kehidupan kita. Berhentilah berebut sebutir pisang sambil menyia-nyiakan butiran permata yang diwariskan kepada kita," pungkasnya.
(nag)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1955 seconds (11.210#12.26)