Imbau Warga Jabar Tak Panik Hadapi Hepatitis Akut, Ridwan Kamil: Negara Siap Atasi

Senin, 09 Mei 2022 - 21:29 WIB
loading...
Imbau Warga Jabar Tak Panik Hadapi Hepatitis Akut, Ridwan Kamil: Negara Siap Atasi
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil meminta warga Jabar tidak panik menghadapi kemunculan penyakit hepatitis akut. Foto: SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengimbau warga Jabar tidak panik menghadapi kemunculan penyakit hepatitis akut . Terlebih, penyakit tersebut belum ditemukan di Jabar .

"Saya laporkan, di Jawa Barat belum ada (hepatitis akut) dan mudah-mudahan tidak ada. Masyarakat diimbau yang pertama jangan panik, seperti biasa kita sudah mengalami jatuh bangun dari pandemi COVID-19," ujar Ridwan Kamil di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Senin (9/5/2022).



Dalam kunjungannya ke RSHS Bandung, Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu ingin memastikan kesiapan RSHS Bandung dalam mengantisipasi fenomena hepatitis akut.

"Jaga kebersihan dari mulai diri sendiri, keluarga, dan masyarakat. Tenang saja, negara sudah siap untuk mengatasi jika ada (kasus)," imbuhnya.



Dalam kesempatan itu, Kang Emil juga memastikan bahwa pihaknya telah membentuk tim ahli untuk mempersiapkan skenario terjitu jika kasus hepatitis akut terdeteksi di Jabar.

"Di Jawa Barat tim ahli sudah dibentuk bersama RSHS. Laboratorium disiapkan untuk mengecek apakah ini kategori hepatitis akut dan lain sebagainya. Saya cek sudah siap, bahkan teknologi molekuler terbaru sudah dimiliki," terang Kang Emil.



Bahkan, kata Kang Emil, Pemprov Jabar pun telah menyiapkan ruangan-ruangan di RSHS jika ditemukan suspek hepatitis akut yang umumnya menyasar bayi hingga remaja umur 16 tahun itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1627 seconds (0.1#10.140)