Wisata Bantimurung Dipadati Pelancong, Pemkab Maros Raup PAD Rp1 Miliar

Minggu, 08 Mei 2022 - 17:09 WIB
loading...
Wisata Bantimurung Dipadati Pelancong, Pemkab Maros Raup PAD Rp1 Miliar
Sejumlah warga tengah bermain air di Taman Wisata Alam Bantingmurung, Kabupatern Maros, Sabtu (7/5/2022). Foto: Sindonews/Muchtamir Zaide
A A A
MAROS - Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Maros berhasil meraup Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kawasan Bantimurung selama musim liburan Idul Fitri ini sebesar Rp1 Miliar lebih.

Jumlah tersebut selaras dengan padatnya jumlah pengunjung selama musim libur lebaran. Jumlah pengunjung selama libur lebaran di Taman Wisata Alam Bantimurung mencapai 37.679 orang.



Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, M Ferdiansyah, mengatakan jumlah pengunjung kawasan wisata Bantimurung ini terhitung sejak libur lebaran 1 April sampai dengan 8 April 2022.

Dia menyebutkan, sejak libur lebaran ini, jumlah pengunjung terbanyak terlihat pada H+2 lebaran Idul Fitri atau pada hari Rabu. "Paling ramai pada hari rabu di mana jumlah pengunjung mencapai 9.361 orang," ujarnya, yang ditemui awak media, Minggu (8/4/2022).

Ferdy, sapaan akrabnya mengatakan, jumlah pengunjung tersebut mengalami peningkatan drastis jika dibandingkan tahun 2021.

"Tahun lalu jumlah pengunjung selama libur lebaran hanya dikisaran 10 ribu pengunjung, karena adanya pembatasan yang cukup ketat akibat pandemi," ujarnya.

Peningkatan jumlah pengunjung ini dinilai Ferdy membawa angin segar dalam peningkatan pendapat asli daerah (PAD).

"Insyaallah total PAD bisa Rp 1 M masuk ke kas Pemda selama libur lebaran . Jumlah ini meningkat tiga kali lipat jika dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya berada di kisaran Rp300 juta," tambahnya.

Dia menyebutkan, meski ada peningkatan jumlah pengunjung, pihaknya masih memberlakukan tarif tetap. "Tiket masuk untuk pengunjung lokal Rp30 ribu dan turis mancanegara Rp255 ribu, harga tiketnya ini sudah ditetapkan sejak 2020," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1881 seconds (0.1#10.140)