Arus Balik Pemudik Ramai Lancar, Kepadatan Sempat Terjadi di Jalan Raya Padalarang

Sabtu, 07 Mei 2022 - 15:46 WIB
loading...
Arus Balik Pemudik Ramai Lancar, Kepadatan Sempat Terjadi di Jalan Raya Padalarang
Kendaraan pemudik yang mengarah ke wilayah barat seperti Cianjur, Sukabumi, Bogor, Bekasi, dan Jakarta melalui jalan arteri Padalarang, KBB, terpantau ramai lancar, Sabtu (7/5/2022). Foto/MPI/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Arus balik lalu lintas kendaraan pemudik yang melintas di kawasan Gerbang Tol Padalarang di Kabupaten Bandung Barat (KBB) hingga saat ini masih terpantau ramai lancar.

Berdasarkan pantauan di sepanjang jalan Padalarang baik yang keluar masuk melalui gerbang Tol Padalarang maupun jalan arteri dari Cimahi, tidak terjadi kemacetan yang berarti dari pagi hingga siang.

Baca juga: Briptu Khoerunisa Atur Pemudik di Tol Jakarta-Cikampek, Tetap Sabar dan Tegar Dimarahi Pengendara

Dinas Perhubungan (Dishub), KBB, mencatat hingga Jumat (6/5/2022) tercatat sekitar 16.868 kendaraan yang masuk dari arah Cianjur menuju Bandung. Terdiri dari kendaraan roda ada sebanyak 11.239 dan roda empat sebanyak 5.000 kendaraan.

Sedangkan untuk jumlah kendaraan dari arah Bandung menuju Cianjur terhitung mengalami peningkatan, yakni sebanyak 15.919 kendaraan. Terdiri dari kendaraan roda dua tercatat sebanyak 11.339 dan roda empat 4.153.

"Arus lalu lintas di pagi hingga siang biasanya tidak terlalu terlihat padat, namun biasanya pada sore dan malam sering ada peningkatan. Mereka adalah pemudik yang mengarah ke Bogor, Sukabumi, Bekasi, dan Jakarta," kata Kepala Dinas Perhubungan KBB, Lukmanul Hakim, Sabtu (7/5/2022).

Menurutnya, secara keseluruhan total kendaraan yang keluar masuk ke KBB sebanyak 32.787 kendaraan. Data itu sudah termasuk dengan pantauan untuk kendaraan jenis bus, truk sedang, dan truk besar. Kemungkinan arus balik pemudik masih akan terjadi hingga Minggu besok.

Sementara berdasarkan pantauan dari Closed Circuit Television (CCTV) Dishub KBB, kepadatan kendaraan sempat terlihat di kawasan Jalan Raya Tagog Padalarang. Banyak kendaraan yang mengarah ke barat (Cianjur) dan adanya sejumlah persimpangan membuat lalu lintas di kawasan itu sedikit tersendat.

"Sempat ada kepadatan yang terpantau tadi karena ada aktivitas warga yang ke pasar dan keluar masuk kendaraan di persimpangan Jalan Rancabali," ujarnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1538 seconds (0.1#10.140)