Indahnya Toleransi di Kota Malang, Pastor dan Suster Sambut Umat Muslim Usai Sholat di Halaman Gereja

Senin, 02 Mei 2022 - 20:21 WIB
loading...
Indahnya Toleransi di Kota Malang, Pastor dan Suster Sambut Umat Muslim Usai Sholat di Halaman Gereja
Pastor dan suster di Gereja Paroki Hati Kudus Yesus Kayutangan, Kota Malang, memberikan ucapan selamat Idul Fitri 1 Syawal 1443 H kepada umat muslim usai Sholat Idul Fitri di halaman gereja tersebut. Foto/Dok. Diskominfo Kota Malang
A A A
MALANG - Pemandangan indah terlihat di halaman Gereja Paroki Hati Kudus Yesus Kayutangan, Kota Malang, Senin (2/5/2022). Sejumlah pastor dan suster menyalami umat muslim, yang baru selesai melaksanakan Sholat Idul Fitri di halaman gereja tersebut.

Baca juga: Usai Sholat Idul Fitri Warga Lintas Agama Turut Bahagia Bersama Dalam Acara Syawalan di Jogjakarta

Mereka begitu akrab dan saling melemparkan canda tawa, sambil bersilaturahmi di hari yang fitri. Kebersamaan itu terjadi sejak pagi sebelum Sholat Indul Fitri dilaksanakan. Sejumlah pastor, suster, dan umat Katolik nampak turut menyiapkan halaman gereja untuk pelaksanaan Sholat Idul Fitri.

Indahnya Toleransi di Kota Malang, Pastor dan Suster Sambut Umat Muslim Usai Sholat di Halaman Gereja


Para pastor, suster, dan umat Katolik tersebut, berdiri di pintu gerbang gereja sambil membagikan koran kepada umat muslim yang akan melaksanakan sholat. Umat di Gereja Paroki Hati Kudus Yesus Kayutangan, juga nampak turut menyiapkan tikar untuk alas sholat.

Baca juga: Batang Gempar! Pulang Mudik dari Jakarta, Pemuda Ini Habisi Nyawa Kakaknya di Malam Takbiran

Barisan saf umat muslim terlihat berjajar rapi menggelar sajadah untuk menjalankan Sholat Idul Fitri di halaman Gereja Paroki Hati Kudus Yesus Kayutangan, yang memang berdekatan dengan Masjid Jami Kota Malang. Kegiatan semacam ini sudah biasa terjadi di halaman gereja, namun hal itu tidak terjadi dua tahun lalu akibat pandemi COVID-19.

"Kami membuka dan mempersiapkan pelataran untuk digunakan teman-teman muslim beribadah. Ini sesuatu yang luar biasa, bahwa toleransi itu masih kuat di Kota Malang. Pagar gereja kami buka sekitar pukul 04.30 WIB untuk menyambut saudara-saudara muslim yang akan Sholat Idul Fitri," ungkap Romo Yoris, O. Carm.

Baca juga: Dendam 3 Motor Dijual untuk Foya-foya, Picu Adik Bunuh Kakak di Malam Takbiran yang Gembarkan Batang

Romo Yoris menyatakan, bahwa ini bukanlah kali pertama pihaknya mempersilakan umat muslim menggunakan pelataran gereja untuk Sholat Idul Fitri. "Setiap tahun dilakukan. Namun karena dua tahun kemarin pandemi, dan kegiatan sholat dibatasi maka kami juga tidak melakukannya," ungkapnya.

Indahnya Toleransi di Kota Malang, Pastor dan Suster Sambut Umat Muslim Usai Sholat di Halaman Gereja


"Kami hadir, tikar-tikar kami gelar. Tapi yang terpenting adalah keramahtamahan. Kita belajar kebhinekaan. Kami juga berterima kasih kepada temen-teman muslim yang mendoakan kami dan hidup bersama kami. Apalagi ini Kota Malang, keragamannya kuat sekali," ujar Romo Paulus Teguh, O. Carm.

Baca juga: Pasukan Brimob Polda Sulut Bersiaga dengan Senjata Laras Panjang Amankan Sholat Idul Fitri

Pastor yang akrab disapa Romo Teguh itu, mengungkapkan bahwa Gereja Paroki Hati Kudus Yesus Kayutangan juga membuat kebijakan untuk mengundur waktu ibadat pagi umat Katolik yang biasanya digelar pukul 06.00 WIB, menjadi pukul 12.00 WIB.

Wali Kota Malang, Sutiaji menyambut baik kerukunan yang terjaga di Bumi Arema ini. Menurutnya keberagaman senantiasa menjadi kekayaan Kota Malang, sebagai miniatur Indonesia, dan melindunginya telah digariskan dalam misi ketiga pembangunan daerah. "NKRI sudah final. Komitmen Pemkot Malang sudah nyata juga di misi ketiga. Maka, keberagaman seperti yang tersaji hari ini dalam momen Idul Fitri sangat indah untuk kita rawat bersama," ungkapnya.

Indahnya Toleransi di Kota Malang, Pastor dan Suster Sambut Umat Muslim Usai Sholat di Halaman Gereja


Kegembiraan bersama di Hari Raya Idul Fitri, menjadi penutup Sholat Idul Fitri di kawasan bersejarah di Kota Malang tersebut. Para romo, suster, dan umat Katolik saling bersalam-salaman dengan umat muslim yang selesai menjalankan Sholat Idul Fitri.

Baca juga: Ribuan Umat Muslim Kota Sorong Penuh Suka Cita Menggelar Sholat Idul Fitri di Pantai

Beberapa orang muda Katolik juga meriahkan suasana, dengan mendendangkan lagu-lagu bertema lebaran. Tak jarang juga, umat muslim yang hendak pulang ke rumah usai Sholat Idul Fitri, mengabadikan momen ini dengan berfoto bersama umat Katolik di halaman Gereja Paroki Hati Kudus Yesus Kayutangan.
(eyt)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2730 seconds (10.55#12.26)