Serunya Tradisi Takbiran Suku Lembak Bengkulu, Penuh Kekeluargaan Keliling dari Rumah ke Rumah

Minggu, 01 Mei 2022 - 23:57 WIB
loading...
Serunya Tradisi Takbiran Suku Lembak Bengkulu, Penuh Kekeluargaan Keliling dari Rumah ke Rumah
Takbiran di salah satu rumah masyarakat Suku Lembak, di Kelurahan Jembatan Kecil, Kecamatan Singaran Pati, Kota Bengkulu. Foto/iNews TV/Demon Fajri
A A A
BENGKULU - Masyarakat Suku Lembak, masih menjaga tradisi secara turun-temurun menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri. Salah satunya dilakukan warga Suku Lembak di Kelurahan Jembatan, Kecamatan Singaran Pati, Kota Bengkulu. Saat malam takbiran, mereka menggelar takbiran keliling dari rumah ke rumah dengan berjalan kaki.

Baca juga: Meriahnya Pawai Obor Ribuan Warga Madina di Malam Takbiran

Takbir keliling dari rumah ke rumah tersebut, merupakan tradisi yang masih tetap dilestarikan masyarakat Suku Lembak, untuk mempererat tali silaturahmi dan kekeluargaan. Takbir keliling di daerah ini, diikuti kaum pria serta kaum perempuan. Mulai dari orangtua, dewasa, remaja, hingga anak-anak.



Mereka berbaur menjadi satu, dan mengunjungi satu per satu rumah warga yang menghelat takbiran keliling. Masyarakat yang mengikuti takbiran keliling mengumandangkan takbir saling bersahutan, yang dipimpin tokoh agama setempat.

Baca juga: Peras Mandor Proyek Irigasi, Preman di Bangkalan Tewas Ditebas Celurit

Untuk kaum ibu-ibu, menunggu di rumah serta mempersiapkan hidangan lauk pauk dan aneka makanan yang akan disuguhkan kepada masyarakat yang mengikuti takbiran keliling. Takbiran itu sendiri diikuti beberapa anggota keluarga di kelurahan tersebut.

Jika yang mengikuti 10 kepala keluarga (KK), maka masyarakat musti berkunjung ke 10 rumah untuk mengikuti takbiran. Takbiran ini mulai berlangsung usai sholat Isya. Di mana saat mengelar takbiran, tokoh agama tidak hanya memimpin untuk melantunkan takbir. Namun, tokoh agama juga memanjatkan doa.

Usai membacakan doa, masyarakat yang mengikuti takbiran mencicipi hidangan makanan dan minuman yang disajikan tuan rumah. Salah satu masyarakat Suku Lembak, Kelurahan Jembatan Kecil, Kecamatan Singaran Pati, Kota Bengkulu, Siti Fadhillah mengatakan, takbiran keliling rumah sudah berlangsung secara turun-menurun di Suku Lembak.

Baca juga: Sadis Tarik Jantung Korban, RK Ternyata Sakit Hati Tak Dapat Layanan Ranjang Pria Pemilik Salon

Bahkan, kata Fadhillah, sejak orangtuanya takbiran keliling ini sudah berlangsung. Di mana takbiran ini menjadi tradisi turun-temurun yang dilakukan masyarakat Suku Lembak menyambut Idul Fitri. "Keluarga kami setiap tahun selalu mengelar takbiran keliling di malam lebaran, dari rumah ke rumah. Ini sudah menjadi tradisi masyarakat Suku Lembak," kata Siti, Minggu (1/5/2022), malam.

Tradisi takbiran keliling dari satu rumah warga ke rumah ke warga, terang Siti, tetap terus dipertahankan sampai generasi-generasi penerus. "Tradisi ini sudah ada sejak saya lahir. Di keluarga besar kami selalu menggelar takbiran keliling dari rumah ke rumah," pungkas Siti.
(eyt)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2090 seconds (10.177#12.26)