2 Tahun Vakum, Salat Id Kembali Digelar di Taman Surya Balikota Surabaya

Kamis, 28 April 2022 - 18:40 WIB
loading...
2 Tahun Vakum, Salat Id Kembali Digelar di Taman Surya Balikota Surabaya
Warga selfie di depan Balai Kota Surabaya akan dipakai kembali sebagai salah satu lokasi Salat Idul Fitri setelah berhasil menekan pandemi. Foto: SINDOnews/Aan Haryono
A A A
SURABAYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kembali menggelar pelaksanaan Salat Idul Fitri berjamaah di Taman Surya Balai Kota, 1 Syawal 1443 Hijriyah. Setelah dua tahun lamanya Salat Id di lokasi itu ditiadakan karena pandemi COVID-19 .

Kepastian digelarnya kembali Salat Idul Fitri 1443 H tersebut disampaikan oleh Kepala Bagian Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Surabaya, Arief Boediarto, Kamis (28/4/2022).

Baca juga: Tumpukan Mercon Meledak di Mojosari Mojokerto, Warga Panik Berhamburan

Ariefmenuturkan, pelaksanaan Salat Id di Taman Surya, tetap menunggu pengumuman atau keputusan dari pemerintah pusat berdasarkan sidang isbat."Untuk pelaksanaannya kita mengikuti aturan dari pemerintah pusat. Semoga tidak ada perbedaan waktu pelaksanaan antara NU dan Muhammadiyah," kata Arief.



Dia melanjutkan, pihaknya mulai menyiapkan sejumlah kebutuhan untuk pelaksanaan Salat Id di Taman Surya Balai Kota. Termasuk, berkoordinasi dengan Perangkat Daerah (PD) terkait mengenai pengawasan dan pengamanan selama pelaksanaan Salat Id.

"Karena ini kan Salat Id pertama di Taman Surya, usai dua tahun vakum. Kita juga sudah minta bantuan pengamanan teman-teman Satpol PP, BPBD, Bakesbangpol, maupun Dinas Kesehatan. Semoga berjalan dengan lancar," imbuhnya.

Baca juga: 4 Bulan di Pengungsian, Jelang Lebaran Korban Erupsi Semeru Tempati Huntara dan Huntap

Bahkan Arif menyebut, pada Minggu, 1 Mei 2022, pihaknya bersama Kanwil Kemenag Jawa Timur bakal menentukan arah kiblat. Termasuk pula, pembuatan Saf Salat di Taman Surya Balai Kota. "Jadi, hari Minggu kita mulai melaksanakan penentuan arah kiblat dan membuat Saf Salat," ujarnya.

Karena pelaksanaan Salat Id di Taman Surya sempat vakum dua tahun, tentu saja pemkot telah mengantisipasi sejumlah kemungkinan tingginya antusiasme warga yang datang.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1843 seconds (11.210#12.26)