Lies F Nurdin Ajak Bunda PAUD Cegah Penularan Corona Pada Anak Usia Dini

Jum'at, 19 Juni 2020 - 19:52 WIB
loading...
Lies F Nurdin Ajak Bunda PAUD Cegah Penularan Corona Pada Anak Usia Dini
LIes F Nurdin saat mengikuti webinar Bersama Melawan COVID-19 Menuju New Normal dari kediaman pribadinya di Perumahan Dosen Unhas, Jumat (19/6/2020). Foro: Humas Pemprov Sulsel
A A A
MAKASSAR - Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel, Lies F Nurdin , mengajak seluruh Bunda PAUD mengoptimalkan peran mencegah dan memutus rantai penularan COVID-19 , utamanya ke anak usia dini. Menurut Lies, ada beberapa langkah yang bisa ditempuh untuk mengantisipasi penyebaran virus.

"Peran Bunda PAUD dalam masa pandemi COVID-19 ini, di antaranya aktif memotivasi keluarga, pengelola dan penyelenggara layanan PAUD untuk tetap melakukan pendampingan pembelajaran dari rumah, sesuai protokol yang telah ditetapkan, khususnya edukasi informasi yang benar mengenai COVID-19," kata Lies.



Hal tersebut disampaikan Lies saat menjadi pembicara utama pada webinar "Bersama Melawan COVID-19 Menuju New Normal " yang digelar di kediaman pribadinya, Perumahan Dosen Unhas, Jumat (19/6/2020).

Menurut Lies, Bunda PAUD memiliki peran dalam advokasi bersama tokoh masyarakat, tokoh agama maupun tokoh sentral lainnya, untuk melakukan sosialisasi kepada masing-masing keluarga mengenai pencegahan dan penularan COVID-19 dan pemberlakuan new normal bagi anak usia dini. Bagi Lies, dibutuhkan upaya kreatif dan inovatif yang mampu membuat anak ikut menerapkan perilaku sesuai protokol kesehatan di masa pandemi ini.

"Misalnya melalui lagu, anak-anak mudah mengerti jika disampaikan melalui lagu, bagaimana mencuci tangan, menjaga jarak dengan teman, hingga menggunakan face shield karena anak-anak usia di bawah dua tahun tidak disarankan menggunakan masker," jelas Lies.



Untuk itu, Lies bersama Tim Bunda PAUD Sulsel berencana menggelar lomba cipta lagu anak serta modul menarik yang berisi tata cara mencegah dan memutus penularan COVID-19.

Ia berharap, setiap Bunda PAUD mampu menelurkan ide dan inovasi agar masyarakat memanfaatkan peluang meningkatkan ekonomi keluarga dengan membuat masker dan face shield anak, stiker perilaku hidup sehat dan lain sebagainya.

Upaya lain yang perlu dilakukan, adalah aktif berinovasi menciptakan menu sehat dan variatif bagi anak, aktif memberi materi mengenai edukasi dan perawatan anak, serta menjalin kerja sama dengan mitra maupun lembaga dan tokoh untuk mendukung kegiatan anak usia dini di masa pandemi ini.



Selain menghadirkan Bunda PAUD dari seluruh kabupaten/kota se-Sulsel, kegiatan ini juga dihadiri oleh pemerhati anak dari Unicef .
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2489 seconds (0.1#10.140)