Tebing Belakang Longsor, Dinding Rumah Warga Gunugkidul Jebol

Senin, 25 April 2022 - 10:00 WIB
loading...
Tebing Belakang Longsor, Dinding Rumah Warga Gunugkidul Jebol
Hujan deras yang melanda kawasan barat laut Gunungkidul pada Minggu (24/4/2022) siang kemarin memicu kejadian tanah longsor di Kapanewon Gedangsari. (Ist)
A A A
GUNUNGKIDUL - Hujan deras yang melanda kawasan barat laut Gunungkidul pada Minggu (24/4/2022) siang kemarin memicu kejadian tanah longsor di Kapanewon Gedangsari. Gedangsari memang selama ini dikenal sebagai salah satu daerah zona merah bencana tanah longsor.

Kapolsek Gedangsari AKP Pudjijono menuturkan hujan deras memang melanda kawasan ke gedangsari Minggu siang. Hujan yang melanda kawasan ini intensitasnya memang cukup tinggi dan memicu terjadinya tanah longsor di kelurahan Mertelu. "Ada tebing setinggi 3 meter selebar 2 meter longsor," ujar Pudjijono.

Peristiwa tanah longsor tersebut terjadi di Dusun Baturturu 04 RT 07 Mertelu. Tanah longsor menimpa rumah Sumardiyono. Akibatnya dinding rumah bagian belakang Soemardiono jebol tertimpa tanah longsor.

Mendengar informasi tersebut, warga kemudian mendatangi lokasi kejadian dan berusaha membersihkan puing-puing tanah longsor. Mereka juga mengamankan barang-barang milik sumardiyono ke tempat yang lebih aman khawatir terjadi longsor susulan. "Namun karena lokasi gelap kerja bakti akan dilaksanakan Senin pagi," paparnya. Baca: Kereta Api Tabrak Mobil yang Terobos Perlintasan, 3 Pemuda Tewas Seketika.

Untuk sementara wakt,u tebing yang berada di belakang rumah Sumardiono akan dipasangi dengan terpal. Tujuannya agar tidak terjadi longsor susulan ketika ada hujan lebat lainnya.

Baca Juga: Ini Tiga Titik Rawan Macet di Demak saat Arus Mudik Lebaran.

Pihaknya tidak menghimbau kepada pemilik rumah untuk mengungsi, namun mereka harus tetap waspada jika sewaktu-waktu terjadi longsor susulan. Untuk beraktivitas ataupun tidur pemilik rumah diharapkan menjauhi dari tebing. "Pokoknya selalu waspada soalnya hujan diperkirakan masih akan terjadi," papar dia.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1856 seconds (0.1#10.140)