Arus Sungai Cipunagara Subang Deras, Pencarian Korban Sardi Dihentikan

Jum'at, 24 April 2020 - 22:38 WIB
loading...
Arus Sungai Cipunagara Subang Deras, Pencarian Korban Sardi Dihentikan
Personel Basarnas Bandung memantau arus air Sungai Cipunagara yang cukup deras sehingga menyulitkan pencarian korban Sardi. Foto/Humas Basarnas Bandung
A A A
SUBANG - Operasi pencarian dan pertolongan terhadap korban Sardi (53) yang diduga tenggelam dan hanyut di Sungai Cipunagara, Kabupaten Subang, dihentikan.

Pasalnya, setelah operasi search and rescue (SAR) yang telah berlangsung selama satu pekan sejak 18 April hingga 24 April 2020, tak juga membuahkan hasil.

Korban Sardi warga Kampung Nyalindung RT 014/004, Desa Tenjolaya, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, sampai saat ini belum ditemukan.

Meski begitu, tim SAR akan terus memantau jika mendapat laporan penemuan jasad korban, petugas segera meluncur untuk melakukan evakuasi.

Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor SAR atau Badan SAR Nasional (Basarnas) Bandung Rudi mengatakan, operasi pencarian dinilai sudah tidak efektif dengan mempertimbangkan banyak faktor teknis di lapangan, seperti medan pencarian dan kondisi tim di lapangan.

Berdasarkan evaluasi tim bersama seluruh unsur gabungan di lapangan, kata Rudi, operasi pencarian telah dilakukan secara maksimal, namun masih nihil.

"Berbagai kendala di lapangan antara lain, lebarnya sungai atau area pencarian, arus Sungai Cipunagara sangat deras. Banyak cabang menuju muara sungai, cuaca berubah-ubah di sekitar lokasi pencarian dan sering terjadi naik dan turun debit air secara tiba- tiba. Kondisi ini menyulitkan upaya pencarian," kata Rudi.

Karena itu, ujar Rudi, pada pukul 17.00 WIB, berdasarkan hasil evaluasi Tim SAR gabungan bersama keluarga korban, operasi SAR sepakat untuk dihentikan.

"Unsur SAR yang terlibat dalam operasi pencarian antara lain, Basarnas Bandung, Diskar Subang, BPBD Subang, Tagana Subang, SAR Pasundan dan masyarakat setempat," tutur dia.

Diketahui, Sardi dilaporkan hilang akibat tenggelam di Sungai Ciputrahaji, Kecamatan Cijambe, Kabupaten Subang pada Jumat 17 April 2020 tengah malam.

Berdasarkan laporan yang diterima Basarnas Bandung, korban Sardi berangkat dari rumah hendak mencari ikan di Sungai Cipunagara pada Jumat tengah malam sekitar pukul 00.00 WIB.

Korban berangkat sendiri dan sudah terbiasa mencari ikan di Sungai Ciputrahaji pada malam hari. Namun hingga kini korban belum juga pulang sehingga keluarga melaporkan kejadian tersebut ke aparat kepolisian.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1975 seconds (0.1#10.140)