Khawatir Munculkan Idiologi Baru, Sejumlah Ormas di Cirebon Tolak RUU HIP

Jum'at, 19 Juni 2020 - 15:29 WIB
loading...
Khawatir Munculkan Idiologi Baru, Sejumlah Ormas di Cirebon Tolak RUU HIP
Di Kota Cirebon Jawa Barat, berbagai elemen dan Ormas Islam berkumpul dan melakukan penggalangan tanda tangan di bentangan kain putih, Jumat (19/6). Foto/Miftahudin
A A A
CIREBON - Aksi penolakan terhadap Rancangan Undang Undang (RUU), Haluan Idiologi Pancasila (HIP), terus begulir. Di Kota Cirebon Jawa Barat, berbagai elemen dan Ormas Islam berkumpul dan melakukan penggalangan tanda tangan di bentangan kain putih, Jumat (19/6/2020).

Penggalangan tanda tangan, digelar di halaman Masjid Raya Ataqwa Kota Cirebon usai sholat jumat berjamaah. Lebih dari kain sepanjang sebelas meter, warga dipersilahkan untuk bertanda tangan sebagai bentuk dukungan penolakan RUU HIP. (Baca juga: Tolak RUU HIP, GPK Minta Pancasila Jangan Diutak-atik )

Aksi yang diikuti berbagai elemen masyarakat, tokoh masyarakat dan ormas Islam ini, dalam wadah Forum Masyarakat Cirebon Peduli Pancasila didasari ketidak setujuan terhadap RUU HIP yang diajukan DPR.

Menurut massa, jika RUU HIP disahkan, maka akan merubah dasar idiologi pancasila yang selama ini dianut negara Indonesia. Contohya dalam salah satu pasal, terdapat klausul yang menyebutkan pancasila bisa dirubah menjadi Trisila dan Ekasila."Kami sangat menolak RUU ini, karena dikawatirkan akan memunculkan idiologi baru," ungkap Ketua Ataqwa Center Akhmad Yani.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3887 seconds (0.1#10.140)