Diberi Bonus Sembako, Vaksinasi di Barito Kuala Diserbu Warga

Kamis, 21 April 2022 - 16:58 WIB
loading...
Diberi Bonus Sembako, Vaksinasi di Barito Kuala Diserbu Warga
Kejar target 70 persen vaksinasi Covid-19 dosis dua di Barito Kuala, Bupati Noormiliyani AS memantau vaksinasi yang dilaksanakan di Kantor Kecamatan Tabunganen, Selasa (19/4/2022).
A A A
MARABAHAN - Kejar target 70 persen vaksinasi Covid-19 dosis dua di Barito Kuala, Bupati Noormiliyani AS melakukan pemantauan kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan di Kantor Kecamatan Tabunganen, Selasa (19/4/2022) pagi.

Kendati dalam suasana gerimis, bupati wanita pertama di Kalsel ini, tetap terjun untuk mengetahui secara langsung sejauh mana respons masyarakat terhadap penerapan vaksinasi. “Kita semua bekerja keras agar target cakupan vaksinasi 70 persen dari pemerintah tercapai,” ucapnya didampingi Kadis Kesehatan Azizah Sri Widari dan Camat Tabunganen Said Muhammad.

Seperti diketahui, Pemerintah Pusat menargetkan cakupan vaksinasi setiap daerah harus mencapai 70 persen dosis kedua hingga akhir April ini. Barito Kuala sendiri, cakupan vaksinasi baru berkisar 62,38 persen. Agar cakupan tercapai berbagai strategi telah dilaksanakan, seperti melakukan sosialisasi, mensyaratkan bukti vaksin dosis dua bagi penerima BLT Program PKH, hingga pemberian insentif paket sembako gratis yang berisi berbagai jenis, termasuk minyak goreng.

Khusus pemberian insentif paket sembako ini Pemkab Barito Kuala telah menyiapkan 24 ribu paket untuk 17 kecamatan se-Barito Kuala yang peluncuran tahap pertamanya dimulai Jumat (15/4/2022), sebanyak 7.500 paket.

Khusus pelaksanaan vaksinasi dosis dua di Tabunganen ini, berdasarkan pantauan di lapangan ternyata cukup mendapat sambutan masyarakat. Terlebih dalam kegiatan kali ini Pemkab Barito Kuala menyertakan pemberian paket sembako gratis.

Miftah (49), warga Desa Tabunganen Kecil mengaku, awalnya bersedia bervaksin dosis dua dengan tujuan hanya untuk memenuhi syarat pengambilan BLT. Namun setelah mendapatkan ‘bonus’ sembako gratis ia pun sangat bahagia, terlebih pemberiannya pada saat warga membutuhkan di bulan Ramadan ini.

“Tadinya niat saya ikut vaksin dosis dua ini sebagai syarat mengambil bantuan BLT yang uangnya membeli gula, eh ternyata Alhamdulillah dapat paket sembako gratis yang di dalamnya sudah berisi gula, minyak goreng, dan lainnya,” ucapnya, bahagia.

Sementara itu, sejumlah warga yang dijumpai Bupati Noormiliyani mengaku senang kegiatan vaksinasi disertai pemberian sembako gratis. Mereka bahkan mengusulkan jika untuk vaksinasi booster nantinya juga disertai bonus sembako gratis.

Terpisah, Kepala Puskesmas Tabunganen Abdul Rahim menjelaskan, hingga Selasa (19/4/2022), capaian vaksinasi dosis dua di Tabunganen berkisar 54 persen, sedangkan dosis pertama justru melebihi target, yaitu 84 persen. Dengan disertai pemberian paket sembako gratis, ia pun optimis target 70 persen yang ditetapkan pemerintah akan tercapai. “Kita akan kejar terus sesuai perintah bupati, selain hari ini besok juga kita akan melakukan vaksinasi dosis kedua di Desa Tanggul Rejo, Beringin Kencana, dan Kuala Lupak,” paparnya.

Kegiatan vaksinasi Covid-19 di Tabunganen ini tidak hanya melibatkan tenaga kesehatan dari puskesmas namun juga berbagai pihak seperti Koramil, Polsek, dan Angkatan Laut. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3962 seconds (0.1#10.140)