Tiba dari Australia, 57 ABK MV Arthania Dievakuasi, 8 Positif Corona

Jum'at, 24 April 2020 - 21:32 WIB
loading...
Tiba dari Australia, 57 ABK MV Arthania Dievakuasi, 8 Positif Corona
Petugas gabungan tengah melakukan evakuasi terhadap ABK yang baru tiba dari Australia di Tanjung Priok, Jakut. Foto: Yohannes Sitobing/SINDOnews
A A A
JAKARTA - TNI AL mengevakuasi 57 Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi kru kapal persiar MV ARTANIA. Pangkogabwilhan I, Laksamana Madya TNI Yudo Margono mengatakan, Kapal MV ARTANIA baru datang dari Fremantle, Australia.

"Karena situasi memang pandemi COVID-19 di mana-mana, Sehingga tidak ada penumpang juga, sehingga mereka juga tidak beroperasi. Sehingga ABK dari kapal tersebut dikembalikan pada negaranya, termasuk Indonesia ini di kapalnya tadi ada 57," Kata Yudo di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (24/4/2020).

Dari 57 kru kapal asal Indonesia tersebut, Yudo menerangkan, 6 wanita dan 51 pria. "Kemudian dari 57 tersebut ada 8 yang positif kemudian yang 49 negatif, semuanya kita bawa ke Wisma Atlet untuk dilaksanakan isolasi dan observasi di sana," Terangnya.

Sebelum dibawa ke Wisma Atlet, para ABK ini terlebih dahulu dilakukan rapid test di dalam kapal MV Arthania, yang langsung dilakukan oleh petugas dari Kemenkes, KKP, Labfor Polri dan TNI AL. Sebelumnya, TNI AL sudah evakuasi 188 ABK kapal pesiar World Dream.

Menurut Yudo, hal ini bukan yang terakhir, karena masih akan ada banyak lagi kapal kapal penumpang yang ABK-nya WNI yang akan dikembalikan ke Indonesia. "Ya tentunya di setiap negara sesudah pandemi ini, mereka pasti akan menghentikan operasi semuanya. Kami akan melaksanakan kegiatan-kegiatan seperti ini sesuai protokol untuk membantu percepatan penanganan COVID-19 ini," tegasnya.
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1238 seconds (0.1#10.140)