Rektor UNM Sebut Peringatan Nuzulul Quran Momentum Instrospeksi Diri

Rabu, 20 April 2022 - 14:52 WIB
loading...
Rektor UNM Sebut Peringatan Nuzulul Quran Momentum Instrospeksi Diri
Rektor UNM, Prof Husain Syam pada peringatan Nuzulul Quran di Masjid Nurul Ilmi Kampus Gunung Sari UNM, Selasa (19/4/2022) malam. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) , Prof Husain Syam mengajak para civitas akademika UNM untuk senantiasa menjaga kebersamaan dan meningkatkan kepedulian sosial di lingkungan masing-masing.

Hal itu disampaikan Rektor UNM saat menghadiri peringatan malam Nuzulul Qur'an sekaligus menutup kegiatan lomba semarak bulan Ramadhan 1443 Hijriah di Masjid Nurul Ilmi Kampus Gunung Sari UNM, Selasa (19/4/2022) malam.

Baca Juga: Prof Husain Syam
"Dan itu sudah menjadi kesepakatan para ulama bahwa malam 17 Ramadan adalah malam turunnya Alquran yang sama-sama diperingati setiap tahun yaitu malam Nuzulul Qur'an," ujarnya.

Menurut Guru besar di bidang pertanian ini, keutamaan bulan suci Ramadhan adalah malam ke-17 atau malam peringatan Nuzulul Qur'an.

"Saya kira memperingati hari turunnya Alquran rasanya sangat penting sekali. Hari kemerdekaan saja diperingati, tapi ini hari turunnya Alquran adalah seluruh umat Islam patut punya rasa haru dan merasakan betul-betul hadirnya Allah di dalam jiwa kita semua," terang Prof Husain.

Baca Juga: Nuzulul Qur'an
"Semoga tentunya selalu menjadikan suasana dan memaksimalkan dengan tahun-tahun sebelumnya, dan tahun yang akan datang akan jauh lebih baik lagi dalam peringatan Nuzulul Qur'an ini," jelasnya.

Sementara itu, Rektor juga akan terus mengembangkan dan memberdayakan para mahasiswa hafiz atau penghafal Alquran yang ada di UNM. Hal itu, demi memajukan UNM dari segi sumber daya manusia yang unggul dan berprestasi di bidang keagamaan.

Baca juga:Menpora Dorong UNM Jadi Sentra Pengembangan dan Pembinaan Olahraga

"Dalam kebersamaan ini kita juga terus memberikan perhatian khusus kepada mahasiswa hafiz dan hafizah. Kami juga sudah beri kebijakan kepada calon-calon peserta didik yang mau masuk di UNM bahwa siapa saja penghafal Alquran minimal 15 juz itu bebas tes untuk mengembangkan dirinya di UNM," kata Rektor.

Pada kesempatan itu juga, peringatan Nuzulul Qur'an turut diisi tausiah oleh Prof Abd Rahim Yunus sebagai pengantar ilmu bahwa malam Nuzulul Qur'an merupakan peristiwa yang istimewa, di mana Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama dari Malaikat Jibril, sebagai awal dari turunnya ayat-ayat Alquran ke bumi.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1132 seconds (0.1#10.140)