Pemkot Palopo Peringati Nuzulul Qur'an, Judas: Pedoman Hidup Manusia

Selasa, 19 April 2022 - 13:18 WIB
loading...
Pemkot Palopo Peringati Nuzulul Quran, Judas: Pedoman Hidup Manusia
Wali Kota Palopo, HM Judas Amir saat menghadiri peringatan Nuzulul Quran. Foto: Sindonews/Chaeruddin
A A A
PALOPO - Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo , memperingati malam Nuzulul Qur'an, 17 Ramadhan 1443 H, di Masjid Agung Luwu Palopo, Senin, (18/4) malam.

Tema yang diangkat pada peringatan Nuzulul Qur'an tahun ini "Bumikan Al Qur'an dengan Meneladani Akhlak Rasulullah SAW". Pada peringatan tersebut, hadir pula, Dandim 1403 Sawerigading dan Kapolres Palopo, AKBP Muhammad Yusuf Usman.



Sebelum dimulainya ceramah hikmah Nuzulul Qur'an, Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, menyampaikan, bahwa Al Qur'an merupakan pedoman hidup umat manusia untuk meraih keselamatan dunia dan akhirat.

Dirinya mengatakan, Al-Qur'an diturunkan oleh Allah SWT, sebagai petunjuk jalan hidup bagi manusia, jika ingin menjalani kehidupan ini dengan baik dan keluar dari berbagai krisis maka kuncinya harus kembali kepada petunjuk AI-Qur'an.

"Kita menyadari bahwa kehadiran kita di sini tiada lain karena nikmat dan takdir Allah SWT. Terlebih lagi karena malam ini kita hadir untuk memperingati satu peristiwa yang sangat penting dalam sejarah Islam," ujarnya.

Ia mengatakan, Peringatan Malam Nuzulul Qur’an atau malam diturunkannya AI-Qur'an kepada Nabi Muhammad SAW. "Khususnya karena inilah awal diturunkannya Kitab Suci sebagai sumber utama ajaran Islam dan sebagai pedoman hidup bagi umat manusia," lanjutnya.

Selaku Pemerintah, Wali Kota Palopo, menaruh harapan besar, kiranya peringatan malam Nuzulul Qur'an tidak hanya menjadi rutinitas atau agenda tahunan.

Akan tetapi, lebih dari itu, semua berkepentingan untuk mengambil hikmah dari peristiwa besar ini, sehingga dari tahun ke tahun ada peningkatan yang dicapai dalam hal pembinaan dan pengembangan Al-Qur'an khususnya di Daerah yang kita cintai.

"Alhamdulillah, beberapa hari sebelum kita memasuki bulan Ramadhan Pemerintah Kota Palopo telah menyelenggarakan kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-lO Tingkat Kota Palopo dan kegiatan ini cukup meriah," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4211 seconds (0.1#10.140)