Polanharjo Klaten Dicanangkan Jadi Wilayah Inklusi Ramah Disabilitas

Sabtu, 16 April 2022 - 23:11 WIB
loading...
Polanharjo Klaten Dicanangkan Jadi Wilayah Inklusi Ramah Disabilitas
Pengurus organisasi disabilitas Difa Tangguh Polan Mandiri dilantik yang selanjutnya akan mengelola inklusi center yang mulai dijalankan di Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Foto/Ist
A A A
KLATEN - Pengurus organisasi disabilitas Difa Tangguh Polan Mandiri dilantik yang selanjutnya akan mengelola inklusi center yang mulai dijalankan di Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah.

Pengukuhan dilakukan oleh Camat Polanharjo Joko Handoyo di Aula Desa Ponggok, Polanharjo disaksikan Komisioner Komnas Disabilitas RI Kikin Tarigan Purnawirawan.


Selain itu juga dihadiri Plant Director PT Tirta Investama Klaten (Aqua) I Ketut Muwaranata, Kabid Dinsosbud Klaten Hadi Suroso, dan relawan Inklusi Center Kecamatan Karanganom.

Inklusi adalah sebuah pendekatan untuk membangun lingkungan yang terbuka untuk siapa saja dengan latar belakang dan kondisi yang berbeda-beda. Saat ini Belum banyak masyarakat paham bahwa sekolah inklusi atau inklusi center adalah sekolah dengan metode khusus untuk mengembangkan bakat khusus yang dimiliki disabilitas.

Kikin Tarigan menyatakan bahwa tugas Komnas Disabilitas RI adalah melakukan pemantauan, evaluasi, dan advokasi pelaksanaan penghormatan, pelindungan, dan pemenuhan hak disabilitas.

“Masalah sosial adalah masalah bersama, di era kolaborasi ini dengan berbagi peran semua pihak, saya punya keyakinan masalah yang ada akan lebih mudah terselesaikan,” katanya dikutip Sabtu (16/4/2022).



“Komnas Disabilitas mengembangkan kelembagaan di daerah dan mendorong bentuk dukungan berupa perda maupun SK Bupati”, tambahnya.

Kikin juga menyempatkan menyambangi bengkel binaan Aqua Klaten yang membuat dan memperbaiki kursi roda bagi disabilitas daksa.

Selain itu dia juga di Desa Kranggan juga terdapat kelompok ibu-ibu disabilitas daksa yang memproduksi pisau dapur stainless steel untuk menambah pendapatan keluarga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1370 seconds (0.1#10.140)