Tingkatkan Cakupan Kepesertaan, BPJS Kesehatan Gadeng UNY dan UPNVY

Sabtu, 09 April 2022 - 08:34 WIB
loading...
Tingkatkan Cakupan Kepesertaan, BPJS Kesehatan Gadeng UNY dan UPNVY
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Sleman bersama UNY dan UPNVY melakukan kerja sama meningkatkan cakupan kepesertaan BPJS Kesehatan. Foto SINDOnews
A A A
SLEMAN - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ( BPJS ) Kesehatan Cabang Sleman bersama Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNVY) melakukan kerja sama meningkatkan cakupan kepesertaan BPJS Kesehatan.

Sebagai langlah awal dilakukan penandatanganan naskah kerja sama oleh Direktur Utama BPJS Kesehatan Prof. Ali Ghufron Mukti, Rektor UNY Prof. Sumaryanto dan Rektor UPNVY Mohammad Irhas Effendi di Hotel UNY, Jumat (8/4/2022).



Kerja sama yang terjalin antara BPJS Kesehatan dengan universitas tidak terbatas pada peningkatan cakupan kepesertaan. Secara luas, kerja sama ini dilaksanakan sebagai upaya integrasi penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi dengan Program JKN-KIS.

Ruang lingkup kerja sama yang disepakati meliputi peningkatan sinergi di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka serta peningkatan kapasitas SDM, penyediaan tenaga ahli, seminar, lokakarya dan diskusi kelompok terarah.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Prof Ali Ghufron Mukti mengatakan kerja sama ini untuk melibatkan dan sinegri dengan pemangku kepentingan dalam meningkatkan cakupan kepesertaan BPJS Kesehtan.

Karena di sini tidak hanya ada dosen dan tenaga kependidikan namun juga ada mahasiswa seba gai calon pemimpin bangsa. “Mahasiswa tersebut juga harus merasakan bagaimana menjadi peserta BPJS yang semakin bagus,” kata Ali Ghufron.

Menurutnya BPJS juga menggandeng universitas untuk kegiatan inovasi, riset dan publikasi. Bahkan BPJS juga memberikan tempat untuk Merdeka Belajar Kampus Merdeka untuk belajar berbagai bidang mulai ekonomi, administrasi, kesehatan atau olahraga.

Capaian kepesertaan JKN-KIS di DIY telah mencapai 93,53 persen atau 3.439.611 orang. Jumlah terbesar berasal dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang dibiayai oleh Pemerintah Pusat atau biasa disebut sebagai segmen PBI-JK.

Rektor UNY, Prof. Sunaryanto mengatakan, pihaknya akan mengoptimalkan kerja sama ini dan bersinergi dengan UPN, di mana potensi UNY memiliki 1211 dosen, 918 tenaga kependidikan dan 37.000 mahasiswa. “Kami menyambut baik kerja sama ini,” katanya.

Sedangkan Rektor UPNVY, Irhas Effendi mengatakan UPNVY memiliki 1200 dosen dan tenaga kependidikan serta 17.000 mahasiswa. "Harapan kami kedepan bagi BPJS, selain akses layanan bagi dosen dan tenaga kependidikan juga ada akses bagi mahasiswa,” paparnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2746 seconds (0.1#10.140)