Liberti Sitinjak Apresiasi Inovasi SINAR Rutan Makassar

Senin, 04 April 2022 - 08:52 WIB
loading...
Liberti Sitinjak Apresiasi Inovasi SINAR Rutan Makassar
Launching Aplikasi SINAR yang dilakukan oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Suprapto di Rutan Makassar, beberapa waktu lalu. Foto/Istimewa
A A A
MAKASSAR - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kakanwil Kemenkumham Sulsel ), Liberti Sitinjak memberikan apresiasi terhadap peluncuran Aplikasi SINAR (Sistem Informasi Layanan Rutan) oleh Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Makassar.

Launching Aplikasi SINAR ini dilakukan oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Suprapto di Rutan Makassar , beberapa waktu lalu.

Menurut Liberti Sitinjak, saat ini pihaknya terus mendorong Unit Pelaksana Teknis (UPT) baik itu Pemasyarakatan dan Keimigrasian untuk terus berinovasi dalam rangka memberikan pelayanan yang prima bagi masyarakat.



“Beberapa hari lalu Kanim Makassar telah melaunching beberapa layanan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat, dan saat ini Rutan Makassar menciptakan aplikasi SINAR yang memberi kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses layanan yang ada di Rutan,” ujar Kakanwil, Minggu (3/4/2022).

Lebih jauh, Liberti Sitinjak menyampaikan, terdapat sejumlah asumsi yang berkembang di masyarakat bahwa pelayanan pemerintah cenderung berbelit, lama, petugas kurang ramah dan melelahkan. Hal tersebut harus dihilangkan melalui berbagai inovasi layanan.

Tujuannya, memberikan kemudahan kepada masyarakat yang tentunya dibarengi dengan sikap hospitality dari para petugas. “Dan Aplikasi SINAR dari Rutan Makassar ini dapat menjawab hal tersebut,” kata Liberti Sitinjak.

Sementara itu, Karutan Makassar, Moch Muhidin menyampaikan bahwa penerapan teknologi informasi diharapkan mampu memberikan pelayan yang efektif dan efisien terhadap masyarakat.



“Aplikasi SINAR ini, selain berbasis website, juga sudah dapat diunduh melalui Playstore pada handphone android,” ucap Muhidin.

Di Aplikasi ini, disiapkan informasi terkait kegiatan Rutan Makassar, juga ada Antrian Online saat besukan telah dibuka, jadi pengunjung mengambil antrean secara online dengan mengisi formulir yang disediakan, lalu akan diberikan QR Code yang nantinya di-scan di Rutan Makassar untuk mencetak antrean secara fisik.

Selanjutnya, pada aplikasi ini, berisikan informasi semua layanan yang ada di Rutan Makassar. Ada juga fasilitas unduh berkas yang dapat dicetak secara mandiri yang memudahkan masyarakat agar tidak bolak-balik datang ke Rutan Makassar.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2322 seconds (0.1#10.140)