PT Hartadinata Raih Laba Bersih Rp 150,25 Miliar, Pendapatan Tumbuh 17,8%

Rabu, 17 Juni 2020 - 23:30 WIB
loading...
PT Hartadinata Raih Laba Bersih Rp 150,25 Miliar, Pendapatan Tumbuh 17,8%
Foto/Ilustrasi
A A A
BANDUNG - PT Hartadinata Abadi Tbk (Hartadinata), produsen dan penyedia perhiasan emas terintegrasi Indonesia memaparkan kinerja keuangan perseroan untuk tahun 2019 ke OJK, Rabu (17/6) hari ini. Perseroan mencatatkan total pendapatan pada tahun keuangan 2019 ini tumbuh 17,8% menjadi Rp3,24 triliun.

Sandra Sunanto, Chief Executive Officer PT Hartadinata Abadi Tbk menjelaskan, pencapaian tersebut tidak hanya didorong oleh kenaikan harga emas selama tahun 2019, tetapi juga disebabkan oleh meningkatnya volume penjualan kepada pihak wholesaler sebesar 9,3%, serta pertumbuhan penjualan dari toko milik sendiri sebesar 18,4% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Dengan pertumbuhan pendapatan yang dialami selama tahun 2019, tambahnya, perseroan berhasil meningkatkan laba bersih mencapai Rp 150,25 miliar atau meningkat sebesar 21,3% dibandingkan dengan 2018 sebesar Rp 123,81 miliar. (Baca:Jaga Ketahanan Pangan, Warga Jabar Didorong Bertani di Pekarangan Rumah)

“Hartadinata terus berkomitmen meningkatkan kinerja dengan memperkuat integrasi vertikal dan memperluas penetrasi pasar di Indonesia. Sepanjang tahun 2019, Hartadinata sudah menambah jumlah gerai toko emas ACC hingga 44 gerai secara nasional. Ke depannya kami menargetkan peningkatan toko emas ACC hingga mencapai 100 unit pada tahun 2021,” kata Sandra, Rabu (17/6).

Selain itu, tambahnya, untuk memperkuat posisi di segmen pasar menengah ke atas, Hartadinata juga telah membuka 3 toko Claudia Perfect Jewellery dan 2 toko Celine Jewellery yang fokus pada perhiasan berlian mewah, serta 3 toko ACC Premium yang fokus pada perhiasan emas kadar tinggi.

Selama tahun 2019, peningkatan penjualan perseroan didominasi oleh pasar perhiasan kadar rendah untuk segmen kelas menengah bawah yang berkontribusi 68,6% terhadap total produk yang dipasarkan Perseroan.

“Semakin tingginya harga emas di tahun 2019, membuat Perseroan mempertimbangkan untuk tetap mempertahankan penetrasi produk di pasar kelas ini. Atas pencapaian tersebut, Perseroan telah melakukan penetrasi pasar dan product and market development. Selain itu, Perseroan juga memperkuat Divisi Research and Design guna meningkatkan kualitas produk,” bebernya.

Perseroan juga terus memperluas jaringan gadai di bawah merek PT Gadai Cahaya Abadi (GCDA) yang sudah berijin OJK. Perseroan berencana akan menambah jumlah gerai GCDA di provinsi Jawa Barat, dari sebelumnya 8 gerai menjadi 15 gerai. Sementara ini, Perseroan juga sedang dalam persiapan untuk pembukaan Gadai dengan merek Gadai Terang Abadi Mulia (GTAM) sebanyak 30 gerai di Jawa Timur, yang mana saat ini sedang menunggu tahap akhir proses izin dari OJK. Selain dari itu, Perseroan juga menargetkan untuk membuka 10 gerai di daerah NTT dan 10 gerai di NTB di tahun 2020 ini.

Menurut Sandra, gerai gadai dirancang untuk berdiri berdampingan dengan toko-toko perhiasan emas yang sudah eksis, maupun yang akan dibuka ke depannya, sehingga diharapkan dapat saling menunjang perkembangan bisnis Perseroan. Keberadaan pegadaian diproyeksikan dapat membantu pertumbuhan gerai-gerai penjualan karena skema cicilan akan mempermudah pembelian emas. Selain itu, pelanggan bisa meminjam dana dengan menjaminkan emasnya, baik perhiasan maupun logam mulia.

Sebagai warga korporat Bandung, lanjut dia, perseroan juga melaporkan kegiatan CSR (corporate social responsibility) terkait dengan pandemi COVID-19. Adapun pada April lalu, Hartadinata telah mendonasikan 2.000 masker kain untuk masyarakat sekitar Bandung. (Baca: Kualitas Air Membaik, Progres Program Citarum Harum Naik 25%)

Selain itu, Hartadinata juga menyumbangkan Alat Perlindungan Diri (APD) bagi tenaga medis di RS Bandung, yaitu di antaranya RS St. Borromeus, RS Imanuel, RS Salamun, RS Advent, RS Hasan Sadikin, RSUD Soreang, RS St. Yusuf, RS Paru Rotin Sulu, serta ke beberapa fasilitas kesehatan di Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Banjar.

“Hartadinata juga secara aktif melindungi kesehatan para pekerja, karyawan dan pelanggan dari COVID-19, dengan menerapkan langkah-langkah preventif serta standar keamanan diri di pabrik, kantor maupun gerai retail Hartadinata,” tutup Sandra.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1284 seconds (0.1#10.140)