Stan Dekranasda Sulsel Jadi yang Terbaik di Inacraft 2022

Senin, 28 Maret 2022 - 13:51 WIB
loading...
Stan Dekranasda Sulsel Jadi yang Terbaik di Inacraft 2022
Dekranasda Sulsel berhasil meraih penghargaan sebagai stan terbaik di International Handicraft Trade Fair 2022. Foto: Humas Pemprov Sulsel
A A A
JAKARTA - Stan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulsel menjadi yang terbaik di International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2022 yang diselenggarakan di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Rabu 23 hingga 27 Maret 2022.

Dalam kegiatan yang dibuka oleh Presiden RI, Joko Widodo ini, stan Dekranasda Sulsel menampilkan model rumah adat Tongkonan Khas Toraja yang memamerkan beragam produk lokal dari 24 kabupaten/kota di Sulsel.

Baca Juga: Andi Sudirman Sulaiman
"Kita senang dan tentu apresiasi atas stan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulsel menjadi stan terbaik dalam event International Handicraft Trade Fair (Inacraft) Tahun 2022," ujarnya.

Ia berharap kepada para pelaku UMKM diSulsel untuk dapat meningkatkan kualitas produk kerajinannya.

"Ini adalah hal yang cukup membanggakan bagi para pengrajin, Sehingga harus selalu memperbaiki kualitas produk atau handicraftnya agar bisa menjadi peluang pasar, tidak hanya secara nasional tetapi juga pasar internasional," ucapnya.

Baca Juga: Pemprov Sulsel
Ketua Panitia Tim Dekranasda Sulsel untuk Event Inacraft 2022, Sukarniaty Kondolele, mengatakan, dari 722 peserta pameran dalam event ini, Sulsel berhasil meraih juara stand terbaik.

"Alhamdulillah stand kami berhasil menjadi stand terbaik dalam event Inacraft 2022. Konsep stan yang kami tampilkan ini mampu menarik perhatian para pengunjung dan juga tim dewan juri," katanya.

Keberhasilan Dekranasda Sulsel meraih juara stan terbaik, kata Sukarniaty, juga berkat dukungan Ketua Dekranasda Sulsel , Naoemi Octarina dan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman sebagai Pembina Dekranasda Sulsel.

"Kenapa Dekranasda Sulsel juara, karena karakter budaya yang ditampilkan sangat kuat dan support terhadap UMKM juga sangat kuat. Ini terlihat dari tampilan stan/booth Sulsel yang menampilkan 3 etnis besar di Sulsel (Bugis, Makassar, Toraja) yang merepresentasikan 24 kabupaten/kota, serta menampilkan produk UMKM/IKM yang dipadu dengan tampilan seni, budaya, musik tradisional, dan demonstrasi pembuatan 'Songko To Bone (Recca)' dan manik-manik Toraja," terangnya.

Baca Juga: Dekranasda Sulsel
"Produk kerajinan Tudung Saji yang terbuat dari Lontara yang kita pamerkan ternyata cukup diminati. Produk kerajinan ini alhamdulillah bisa masuk dalam tiga nominasi kerajinan yang layak ekspor," tegasnya.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1931 seconds (0.1#10.140)