Republik Finlandia Buka Kantor Konsul Kehormatan di Surabaya

Sabtu, 26 Maret 2022 - 15:10 WIB
loading...
Republik Finlandia Buka Kantor Konsul Kehormatan di Surabaya
Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak bersama Konsul Kehormatan Finlandia Haryanto Tanoesoedibjo dan Dubes Finlandia HE Jari Sinkari usai meresmikan kantor di Surabaya, Jumat (25/3/2022).Foto/ist
A A A
SURABAYA - Republik Finlandia membuka Kantor Konsul Kehormatan keduanya di Indonesia, yaitu di Kota Surabaya. Kota Pahlawan ini dipilih sebagai lokasi Kantor Konsul Kehormatan Finlandia karena dinilai memiliki potensi sebagai destinasi investasi terbaik di Indonesia.

Kantor Konsul Kehormatan ini akan membantu pelaksanaan sebagian tugas dan fungsi Kedutaan Besar Finlandia di wilayah Kota Surabaya dan Provinsi Jawa Timur. Hal tersebut meliputi perlindungan dan pelayanan terhadap Warga Negara Finlandia dan Badan Hukum Finlandia yang berada Surabaya dan Jawa Timur.

Baca juga: Gubernur Khofifah dan Dubes Finlandia Jajaki Potensi Kerjasama Pendidikan dan Teknologi

Pembukaan kantor konsul kehormatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan hubungan dan kerja sama dalam bidang ekonomi, sosial budaya, pendidikan, promosi ekonomi, perdagangan, pariwisata, investasi, tenaga kerja dan jasa, promosi sosial budaya, dan pengamatan serta pelaporan.

Konsul Kehormatan Finlandia di Surabaya, Haryanto Tanoesoedibjo berharap, keberadaan Kantor Konsul Kehormatan Finlandia di Surabaya dapat meningkatkan kerjasama industri, terutama dengan melakakukan kegiatan ekspor-impor produk-produk unggulan yang dimiliki oleh Kota Surabaya dan Provinsi Jawa Timur.

“Melalui layanan Business Matching yang disediakan oleh Business Finland, perusahaan dan pelaku bisnis di Jawa Timur dapat mencari mitra bisnis di Finlandia. Sebagai contoh, Finlandia merupakan negara dengan tingkat konsumsi kopi per kapita yang paling tinggi. Hal ini merupakan potensi ekspor yang cukup baik mengingat Jawa Timur memiliki daerah-daerah penghasil kopi unggulan,” paparnya.

Kantor Konsul Kehormatan Finlandia di Surabaya ini diharapkan juga dapat meningkatkan kerja sama dalam bidang Digital Information and Communications Technology (ICT) antara Kota Surabaya dan Provinsi Jawa Timur dengan Finlandia. Diharapkan kerja sama ini dapat memberikan dampak yang positif dalam kemajuan industri telekomunikasi dan digitalisasi data yang ada di Indonesia khususnya wilayah Jawa Timur.

Haryanto Tanoesoedibjo mengatakan, Finlandia merupakan salah satu negara yang memiliki universitas terbaik yang tentunya menjadi tujuan dari siswa internasional. “Dengan adanya beasiswa yang berikan oleh beberapa universitas terbaik tersebut, saya berharap putra dan putri daerah dari Jawa Timur dapat bersekolah di universitas tersebut,” tutupnya.
(msd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9969 seconds (0.1#10.140)
pixels