Sulitnya Jangkau Pelosok Asmat, Tim Kemensos Sempat Hilang Kontak Lebih dari 12 Jam

Jum'at, 25 Maret 2022 - 11:31 WIB
loading...
Sulitnya Jangkau Pelosok Asmat, Tim Kemensos Sempat Hilang Kontak Lebih dari 12 Jam
Kondisi tim Kemensos saat berlabuh di sekitar muara sungai, menunggu kondisi laut membaik. Foto Arif Budianto
A A A
AGATS - Kisah tragis dialami tim Kementerian Sosial ( Kemensos ) saat kembali dari mempersiapkan kunjungan Menteri Sosial Tri Rismaharini di Kampung Erosaman dan Amagais, Distrik Dorkomour, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua. Tim sempat hilang kontak lebih dari 12 jam akibat cuaca buruk sejak Kamis (24/3/2022).



Bersyukur, tim Kemensos yang terdiri atas tiga orang itu, kembali dengan selamat pagi ini. Ketiganya selamat setelah sebelumnya tertinggal rombongan dari total tujuh buah speedboat. Selain satu perahu tim Kemensos, satu perahu lainnya dari Dinkes Kabupaten Asmat yang hilang kontak, juga kembali dengan selamat.

"Alhamdulillah, kita semua kembali dengan selamat," kata Koordinator Bagian Hukum dan Humas Kemensos RI Latifah Ningrum yang ikut dalam speedboat itu, Jumat (25/3/2022) pagi. Baca juga: Kemensos Dukung Program Kowani Tangani Masalah Sosial

Menurutnya, speedboat-nya sempat lebih dari enam kali akan kembali menembus laut dengan kondisi ombak tinggi. Namun, usahanya gagal karena kondisi perahu kurang prima. Akhirnya, driver speedboat memutuskan untuk kembali ke dalam sungai dan menginap di salah satu rumah warga di Kampung Ocenep.

"Memang di sana kami tidak ada sinyal telepon, sehingga kami tidak bisa memberi kabar kepada tim lainnya. Di sana, kami menginap di rumah warga," jelas dia.

Setelah menginap semalaman di perkampungan warga, pagi ini mereka memutuskan kembali melanjutkan perjalanan. Kondisi laut juga telah tenang dan layak untuk melakukan perjalanan pulang.

Diketahui, perahu tim Kemensos ini adalah rombongan saat kembali pulang setelah proses penyerahan bantuan Mensos Risma di pedalaman Kabupaten Asmat. Mereka adalah pendahulu yang memastikan semua bantuan Kemensos sampai ke tangan warga. Perjalan dari Erosaman hingga Agats ditempuh sekitar empat jam melewati laut lepas Samdra Pasific dan sungai.

Pada kunjungannya ke beberapa lokasi di Kabupaten Asmat, Kemensos memberikan bantuan ke beberapa pihak di Kabupaten Asmat, Provinsi, Papua, senilai lebih dari Rp9, 8 miliar. Bantuan diberikan dalam bentuk kewirausahaan sosial berupa barang dan komoditas pertanian.

Bantuan diberikan dalam bentuk satu unit mesin desalinasi air, satu paket solar cell, budidaya ternak ayam petelur, benih sayur, bibit buah, bibit lele, budidaya pertanian dan perikanan, dua unit mesin desalinasi air (Pemkab dan Masjid An-Nur), dan dua paket solar cell (Pemkab dan Masjid An-Nur).

Secara rinci, bantuan Mensos untuk Keuskupan Agats senilai Rp7.616.560.000, untuk Pemerintah Kabupaten Asmat Rp1.301.340.000, dan untuk pengurus Masjid An-Nur Rp945.580.000. Penyerahan bantuan dipusatkan di Kampung Erosaman dan Kampung Amagais.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1532 seconds (0.1#10.140)