Demo Tolak DOB di Papua Barat, Massa Bakar Pisang di Halaman Kantor Wali Kota Sorong

Senin, 21 Maret 2022 - 14:31 WIB
loading...
Demo Tolak DOB di Papua Barat, Massa Bakar Pisang di Halaman Kantor Wali Kota Sorong
Demo tolak DOB di Papua Barat hari ini. Foto: Chanry/SINDOnews
A A A
SORONG - Demo tolak Pemekaran Daerah Otonomi Baru, di Provinsi Papua, kembali dilakukan di Kota Sorong, Papua Barat. Demo dilakukan puluhan warga yang tergabung dalam Organisasi Kemahasiswaan, Kaum Perempuan dan Masyakat Papua.

Aksi massa ini diawali dengan sejumlah orasi di depan lampu merah, Terminal Remu, Kota Sorong. Usai menyampaikan orasinya, massa langsung bergerak menuju Kantor Wali Kota Sorong.

Dalam arak-arakan tersebut, massa meneriakkan Penolakan Terhadap Otonomi Khusus, dan Pemekaran Daerah Otonom Baru di Papua dan Papua Barat. Massa juga menyanyikan lagu-lagu perjuangan Papua Merdeka sambil meneriakkan pekik merdeka.



"Kami bukan merah putih, kami bukan merah putih, kami Bintang kejora, Bintang kejora, baru, baru kamu bilang merah putih," demikian sepenggal lirik lagu Papua Merdeka, Senin (21/3/2022).

"Kami menolak dengan tegas rencana pemerintah dalam kebijakan Pemekaran Daerah Otonomi Baru di wilayah Papua dan Papua Barat. Karena hal itu dapat menghancurkan kehidupan rakyat Papua," teriak salah seorang orator dalam aksi long march tersebut.

Selama dalam perjalanan menuju Kantor Wali Kota Sorong, massa terus meneriakkan Papua Merdeka. "Papua, merdeka! Papua merdeka! Papua merdeka. Otsus tolak, otsus tolak," teriak massa dalam long march tersebut.

Saat tiba di depan kantor Wali Kota Sorong, ketegangan sempat terjadi di mana pagar kantor Wali Kota Sorong ditutup oleh Satpol PP. Massa yang tiba langsung berteriak dan meminta Satpol PP segera membuka pintu pagar.

"Kami kemarin datang, pintu pagar tidak ditutup, kenapa sekarang pintu pagar ditutup. Kami mohon pintu pagar dibuka, kami tidak anarkis, kami hanya ingin menyampaikan aspirasi kepada Wali Kota Sorong," ujar perwakilan pendemo.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2010 seconds (0.1#10.140)