Bupati Fahsar Ziarah ke Makam Raja Bone di Pangkep dan Pinrang

Jum'at, 18 Maret 2022 - 20:46 WIB
loading...
Bupati Fahsar Ziarah ke Makam Raja Bone di Pangkep dan Pinrang
Bupati Bone, Andi Fahsar M Padjalangi, bersama Bupati Pangkep, Muh Yusran Lalogau, di sela agenda pelaksanaan ziarah makam Raja Bone di Kabupaten Pangkep, belum lama ini. Foto: SINDOnews/Justang Muhammad
A A A
PANGKEP - Bupati Bone, Andi Fahsar M Padjalangi , didampingi Wakil Bupati Ambo Dalle bersama Forkopimda melakukan ziarah ke sejumlah makam Raja Bone. Kegiatan itu merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi Bone ke-692. Terbaru, Bupati Fahsar melakukan ziarah ke makam Raja Bone di Kabupaten Pangkep dan Pinrang, belum lama ini.

Bupati Fahsar dan rombongan melaksanakan ziarah ke Makam Raja Bone XIV, La Tenri Aji To Sanroma Matinroe ri Siang di Kabupaten Pangkep. Sedangkan di Kabupaten Pinrang, ziarah dilakukan ke Makam Raja Bone XXVIII, We Tenriawaru Pancaitana Besse Kajuara Matinroe Ri Majennang.



Rombongan Bupati Fahsar disambut langsung oleh Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau alias MYL, beserta Forkopimda Pangkep di Rumah Jabatan Bupati Pangkep. Bupati Fahsar pada kesempatan itu mengatakan makam Raja Bone di Pangkep sudah lama diketahui keberadaannya. Kendati demikian, untuk memastikan situs Raja Bone itu perlu kajian mendalam sehingga belum diagendakan pada tahun-tahun sebelumnya.

"Penelitian yang begitu panjang, ketika mendapat pandangan dan masukan beberapa orang. Alhamdulilah, ini adalah makam Raja Bone ke-14, pertama kalinya kami ziarahi dan akan kami agendakan tiap tahunnya pak Bupati, jadi mohon maaf jika tiap tahunnya kami akan merepotkan Pemkab Pangkep," kata Bupati Fahsar .

"Terima kasih kepada Bupati Pangkep dan Forkopimda yang peduli dan perhatian terhadap makam ini, utamanya Bapak Tri Handako mantan Kapolres Bone dan sekarang menjabat Kapolres Pangkep yang merupakan penggagas pemugaran makam Raja Bone. Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bone tentu memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya," sambung Bupati Fahsar.

Sementara itu, Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau, mengucapkan selamat datang kepada Bupati Bone dan rombongan dalam rangka ziarah makam Raja Bone di Pangkep. Dia menyebutkan kunjungan Bupati Bone dengan rombongan Forkopimda dapat mempererat silaturahmi antara masyarakat Bone dan Pangkep dan terkhusus masyarakat Pangkep keturunan Bone.

"Saya juga mau katakan, izin bapak Bupati ini adalah silaturahmi antar kabupaten yang sebelum-sebelumnya kita tidak melaksanakan kegiatan seperti ini. Alhamdulillah dapat bertatap muka dua keluarga," ujarnya.



Selepas dari Pangkep, rombongan Bupati Fahsar lantas melaksanakan ziarah ke makam Raja Bone XXVIII, We Tenriawaru Pancaitana Besse Kajuara Matinroe Ri Majennang di Pinrang. Ziarah makam di Pinrang merupakan penutup napak tilas ziarah makam luar daerah Kabupaten Bone pada tahun ini.

Di Rumah Jabatan Bupati Pinrang, rombongan Bupati Fahsar disambut langsung oleh Sekretaris Kabupaten Pinrang, Budaya mewakili Bupati Pinrang, Irwan Hamid. Adapun Bupati Irwan sedang mengikuti kegiatan di luar provinsi Sulsel.

Sekadar diketahui, rombongan Bupati Fahsar telah berkeliling kabupaten/kota untuk melakukan ziarah makam Raja Bone. Selain Pangkep dan Pinrang, juga sebelumnya melaksanakan kegiatan serupa di Bulukumba, Bantaeng dan Gowa.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.0011 seconds (0.1#10.140)