MNC Group Investor Forum 2022, Ganjar: Investasi Mesti Libatkan Masyarakat Lokal

Kamis, 17 Maret 2022 - 19:00 WIB
loading...
A A A
Menurutnya, di Jateng ada daerah yang memiliki daya tarik tinggi untuk menarik investasi, yakni Batang. Segala persiapan terus dilakukan untuk menyambut para investor masuk ke Batang dan daerah lainya di Jateng.

"Kita coba mengawal terus karena Batang ini memang paling menarik orang (investor) untuk datang," ucapnya.

Ganjar menyatakan, untuk menarik investasi ke Jateng memang ada tantangannya. Untuk itu, iklim investasi, integritas, kredibilitas yang sudah baik dan kondusifitas masyarakat harus terus dijaga.

"Tapi kalau kemudian kita tidak bisa merawat situasi ini, kondusifitas, integritas, kredibilitas itu tidak bisa dijaga, ilang semuanya. Itu jadi tantangannya," tegasnya.

Terkait kendala yang dihadapi dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi daerah di masa pandemi COVID-19 ini, Ganjar mengatakan, pastinya ada. Salah satunya adalah mencetak pengusaha muda. Sebab untuk mengenalkan generasi muda menjadi pengusaha tidak gampang.

"Memang mengenalkan menjadi pengusaha itu tidak mudah karena biasanya harus mengambil risiko yang belum siap. Kecuali mereka memang punya jiwa entrepreneur yang sejak dari awal memang diinginkan," katanya.

Di sisi lain, untuk percepatan pemulihan ekonomi daerah Ganjar juga telah membuat berbagai program. Antara lain mendukung pengembangan UMKM mulai dari fasilitasi peningkatan kualitas produk hingga pemasaran.



Bahkan untuk meningkatkan kualitas produk dan ekspor, Pemerintah Provinsi Jateng telah memberikan akses permodalan yang dilakukan secara intensif melalui perbankan. Salah satunya membuat program kredit.

Selain itu, juga melakukan pendampingan lanjutan sehingga UMKM dinilai harus cepat naik kelas dalam waktu dekat ini. Harapannya UMKM di Jateng sukses.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1909 seconds (0.1#10.140)