Unej Masuk 20 Besar Perguruan Tinggi versi 4ICU UniRank 2020

Selasa, 16 Juni 2020 - 16:25 WIB
loading...
Unej Masuk 20 Besar Perguruan Tinggi versi 4ICU UniRank 2020
Unej masuk 20 besar perguruan tinggi di Indonesia.Foto/ist
A A A
SURABAYA - Universitas Jember (Unej) masuk jajaran 20 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi International Colleges and Universities (4ICU) UniRank 2020. Unej tepatnya menempati peringkat 19 di antara 573 kampus yang dinilai oleh UniRank.

Kabar baik ini diungkapkan Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna, baru-baru ini. Modal prestasi menjadi perguruan tinggi terbaik nomor 19 di Indonesia ini diharapkan menjadi cambuk sekaligus penyemangat bagi dosen, mahasiswa dan tenaga pendidikan (tendik) untuk lebih baik lagi.

“Alhamdulillah, berkat kerjasama semua pihak, Universitas Jember berada di peringkat 19 perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi 4ICU UniRank. Semoga menjadi penambah semangat bagi kami untuk terus memiliki kinerja yang baik," ujar Iwan. (baca jjuga:) Tujuh Peneliti Unej Masuk 500 Terbaik versi SINTA Series 1 2020

Menurutnya, apapun model dan sistem pemeringkatannya akan berguna untuk mengukur posisi Unej di antara perguruan tinggi lain. "Menggambarkan kinerja sebuah perguruan tinggi, sebagai bahan evaluasi dalam menetapkan kebijakan lanjutan dan pengakuan atas kerja keras kita,” ungkap Iwan Taruna.

Menurut Rektor Universitas Jember, hasil penilaian oleh 4ICU UniRank dapat menggambarkan secara umum bagaimana Kampus Tegalboto memanfaatkan potensi belajar mengajar secara daring.

“Sejak tahun 2013 Universitas Jember sudah menginisiasi perkuliahan secara daring. Bahkan Media Manajemen Pembelajaran (MMP) sebagai virtual classroom yang dikembangkan oleh Universitas Jember mampu melayani 3 ribu mahasiswa dalam setiap kali jam perkuliahan daring. Dan terbukti belajar mengajar secara daring ini kini mendapatkan momen dengan adanya pandemi Covid-19,” kata Iwan Taruna.

Pelaksanaan kuliah daring di Universitas Jember didukung penuh oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang mempersiapkan tulang punggung MMP Universitas Jember.

“Kami berhasil melakukan optimasi perangkat lunak Moodle yang berfungsi sebagai learning management system sehingga bisa melayani 3 ribu mahasiswa dalam setiap kali jam perkuliahan daring. Bahkan kami memadukannya dengan aplikasi lainnya semisal Big Blue Button dan Jitsi Meet sehingga MMP menjadi blended learning"

"Jadi dosen dan mahasiswa bisa bertemu secara virtual. Yang membedakannya lagi, fasilitas layanan MMP Universitas Jember yang ada dalam Sistem Informasi Terpadu Universitas Jember sudah compatible dengan Sistem Pembelajaran Daring Indonesia atau SPADA yang dikelola oleh Kemendikbud RI,” ungkap Penjabat Kepala UPT TIK Universitas Jember, Sudarko.

Untuk diketahui 4ICU UniRank sendiri menitikberatkan penilaian perguruan tinggi dari keaktifannya melaksanakan proses belajar mengajar secara daring.

Penilaian berdasarkan sistem algoritma dari lima website yang dianggap netral dan independen yaitu Moz Domain Authority, Alexa Global Rank, Similar Web Global Rank, Majestic Reffering Domains, dan Majestic Trust Flow. Pihak 4ICU UniRank memiliki kriteria penilaian yang lebih menyoroti bidang keberadaan digital dan tautan melalui laman resmi sebuah perguruan tinggi.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1891 seconds (0.1#10.140)