Sambut HUT Bhayangkara dan Peduli COVID-19, Polda Jabar Gelar Donor Darah

Selasa, 16 Juni 2020 - 13:06 WIB
loading...
Sambut HUT Bhayangkara dan Peduli COVID-19, Polda Jabar Gelar Donor Darah
Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi mendonorkan darahnya untuk menyambut HUT Bhayangkara dan membantu PMI menjaga ketersediaan darah selama pandemi COVID-19. Foto/Humas Polda Jabar
A A A
BANDUNG - Untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara, Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi dan 200 personel Polda Jabar menyumbangkan darah, , Selasa (16/6/2020).

Selain menyambut HUT Bhayangkara yang jatuh pada 1 Juli 2020, kegiatan itu untuk membantu Palang Merah Indonesia (PMI) dalam memenuhi kebutuhan darah bagi pasien terpapar virus Corona (COVID-19). (BACA JUGA: Pasien COVID-19 Sembuh Meningkat, Pemprov Jabar: Terima Kasih Para Nakes )

Kegiatan bakti sosial donor darah berlangsung di Aula Muryono, Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung. Sebelum menyumbangkan darah, peserta menjalani pemeriksaan kondisi kesehatan, golongan darah, dan berat badan.

Jika memenuhi syarat, peserta diizinkan mendonorkan darahnya. Jika tidak, peserta akan ditolak karena khawatir justru mengganggu kesehatannya. (BACA JUGA: Update Corona Jabar: Tambah 15 Kasus, Pasien Positif 2.623 Orang )

"Donor darah ini bentuk kepedulian Polda Jabar dalam menyikapi menipisnya stok darah di PMI saat wabah Corona melanda. Seluruh anggota yang sehat, diimbau mendonorkan darahnya dengan penuh keikhlasan dan keridoan," kata Rudy.

Rudy mengemukakan, mengimbau seluruh kepolisian resor (polres) jajaran Polda Jabar melaksanakan kegiatan serupa untuk membantu ketersediaan darah yang sangat dibutuhkan saat wabah COVID-19. (BACA JUGA: Polda Jabar Sebar Belasan Ribu Personel Kawal New Normal di Mal dan Objek Wisata)

"Sebagian polres telah melaksanakan kegiatan donor darah. Setiap polres saya imbau untuk melaksanakan kegiatan ini. Mudah-mudahan banyak anggota polri yang ikut donor darah," ujar Kapolda.

Rudy berharap, kegiatan donor di wilayah hukum Polda Jabar dapat menghasilkan ribuan kantong darah. "Mudah-mudahan bisa di atas 10 ribu (kantong darah)," kata Rudy.

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Pol Erlangga Saptono mengatakan, kegiatan donor darah di polres jajaran segera dilaksanakan.

Tak hanya anggota Polri, masyarakat pun bisa mengikuti donor darah di polres setempat. "Masyarakat yang ingin donor darah, bisa juga ikut di polres-polres di wilayah masing-masing," kata Erlangga.

Selain Kapolda Jabar, donor darah juga diikuti oleh Wakapolda Jabar Brigjen Pol Akhmad Wiyagus, para pejabat utama (PJU) dan jajaran Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jabar.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4737 seconds (0.1#10.140)