Proyek Tol rusak sawah & saluran irigasi

Sabtu, 26 Januari 2013 - 04:42 WIB
Proyek Tol rusak sawah & saluran irigasi
Proyek Tol rusak sawah & saluran irigasi
A A A
Sindonews.com - Pembangunan proyek tol Solo-Kertosono yang melintas di Kecamatan Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah, diprotes para petani di lima desa. Pelaksanaannya dituding merusak saluran irigasi dan materialnya masuk ke sawah.

Ketua Gabungan Perkumpulan Petani Pengguna Air (GP3) Tri Mandiri Sejahtera, Samidi mengatakan, areal persawahan di Kecamatan Ngemplak, yang terganggu proyek tol adalah Desa Donohudan, Sindon, Ngesrep, Pandeyan dan Sawahan. Selain merusak saluran irigasi, sebagian lahan tidak dapat digarap karena luberan material proyek.

"Ini namanya sudah menyerobot sawah petani yang merupakan lahan produktif," ungkapnya, di Jawa Tengah, Jumat 25 Januari 2013.

Jika ditotal, lahan pertanian yang rusak sudah mencapai puluhan hektar. Keadaan semakin diperparah karena saluran irigasi yang dibuatkan pelaksana proyek, dinilai tidak sesuai dengan ketentuan.

Saluran air yang semestinya dibuat dengan lebar minimal satu meter, kenyataannya lebih sempit mengingat hanya 60 centimeter. Saluran irigasi yang tertutup bangunan tol juga dipersoalkan. Sebab setelah proyek selesai, maka perawatan saluran menjadi tanggungjawab petani.

"Irigasi jelas tidak berfungsi, bagaimana bisa membersihkan lumpur yang menyumbat kalau tertutup," tegasnya.

Petugas pembantu Koperbal PSDA wilayah Gandul, Sugeng Mulyono mengatakan, gorong-gorong dibangun sempit dan tertutup sulit dibersihkan dan mudah mampat.

Wakijo (47), petani asal Desa Sawahan melanjutkan, lahan pertaniannya yang terkena proyek tol hanya lima meter persegi. Namun dampaknya cukup besar mengingat sebagian lahan tidak bisa ditanami.

Sementara, ganti rugi dari pelaksana proyek tidak ada kejelasan. "Yang kena tol belum dibayar, kok sudah ditabrak dengan buldozer. Akibatnya tidak bisa ditanami, apalagi sisa-sisa material dibuang sembarangan," terang Wakijo.

Jika tidak segera ada penyelesaian, ribuan petani bakal menggelar demo besar-besaran dalam waktu dekat.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6457 seconds (0.1#10.140)